Perjalanan Rohani : SOUTHAMPTON mosque ,ENGLAND

cover depan

Screen Shot 2016-07-29 at 10.28.44

SOUTHAMPTON Cruise Port 2012..Tepat  bulan Ramadhan tahun 2012 hari ke 18,saya merencanakan untuk melakukan perjalanan menuju sebuah masjid di  kota Southampton.Sudah saya rencanakan sebelumnya bahwa pada hari itu bertepatan hari Jum’at dan saya ingin beribadah jum’at disana bergabung dengan jama’ah yang lain.Dari seminggu sebelumnya saya telah googling mengenai jarak dan jalur transportasi menuju masjid tersebut.Dari Cruise Port ( pelabuhan ) butuh 22 menit jalan kaki dan 8 menit menggunakan taksi.Kebetulan ada layanan shuttle bus gratis dari pelabuhan menuju “Southampton City Mall” yang bisa saya gunakan untuk selanjutnya saya membutuhkan 10 menit lagi berjalan kaki menuju masjid tersebut.Opsi pertama tidak akan saya lakukan mengingat  tarif taxi di negara Inggris cukup mahal.Bulan itu adalah bulan Ramadhan, dan saya sedang berpuasa.saya mengggunakan opsi kedua yaitu naik shuttle bus dan berjalan 10 menit  agar menghemat tenaga dan menghemat anggaran.

mosque

lambang masjid

interior masjid

Tiba di hari Jum’at yang saya tunggu-tunggu. Sengaja saya request libur dan dikabulkan. Saya keluar kapal jam 11. Perhitungan saya,cukup waktu untuk bisa mengikuti ibadah jum’at jam 12.30.Setelah naik shuttle bus 15 menit,saya tiba di “Southampton City Mall”. Beda dari rekan-rekan lain yang turun bus langsung berbelanja,hari itu saya niatkan untuk menuju Masjid Southampton. Berbekal HP android,SIMcard Inggris 3 AON pinjaman dari teman dan aplikasi Google Map,saya mencoba mengikuti petunjuk yang ada di peta GPS.10 menit jalan kaki membelah taman kota yang sangat indah,dalam hati berpikir ” kapan yaa,Indonesia bisa punya taman kota seindah ini..?..” Di ujung  perempatan saya menuju sebuah lorong gelap menembus bawah jalan tol.Ada perasaan takut dan khawatir (mungkin karena saya kebanyakan nonton film ),takut kalau tiba-tiba ada penjahat muncul. Tapi saya yakin di negara Inggris masih cukup aman.Arahan GPS membawa saya ke sebuah permukiman muslim (Arab,Pakistan). Sebenarnya di area ini banyak Masjid,mengingat Southampton banyak populasi muslimnya, 7 minutes remaining tertulis di LCD android saya tanda kalau masjidnya gak jauh lagi. Saya bertanya ke sebuah rumah makan halal food di daerah permukiman muslim tersebut,dan ada seorang pegawai menunjukkan arah dengan ramah jalur menuju masjid.“Are you a Moslem,you must be work on cruise shipkatanya..”Yes sir, and I am from Indonesia”.Setelah mendapatkan arah yang pasti saya berjalan lagi. Di belokan pertama ke kiri saya lihat samar-samar tertutup rindangnya pepohonan sebuah kubah besar berwarna hijau.Pasti itu masjid yang saya cari. Di depan Southampton Fire Dept (kantor pemadam kebakaran),berdiri megah sebuah Masjid di lingkungan sekitar mayoritas muslim.

taman2

taman1

taman3

Perhitungan waktu tepat,setelah sampai di masjid,saya segera ambil air wudhu dan menuju lantai atas bergabung dengan jama’ah yang lain mengikuti khutbah. Proses peribadahan saya ikuti dengan khidmat hingga selesai.Jam 1.15 siang saya meninggalkan Masjid berjalan kaki kembali menuju “Southampton City Mall” dan secepatnya naik shuttle bus agar sesegera mungkin menuju kapal untuk beristirahat. Sampai kapal jam 2 siang dan masih ada waktu 3 jam untuk saya tidur dan mandi karena harus kembali bekerja jam 5 sore untuk dinner service. Malam itu cukup melelahkan karena waktu istirahat siang saya digunakan untuk berkegiatan diluar kapal. Tetapi hari itu sangat berkesan bagi saya bisa merasakan beribadah jum’at di negeri orang,sekedar mengobati rasa rindu saya beribadah jum’at bersama ayahanda di kampung halaman.T ak lupa setelah selesai kerja jam 12 malam,saya sempatkan menelpon orang tua menceritakan pengalaman saya hari itu yang tidak akan pernah saya lupakan.

174958_571347129589360_1700533610_o

Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s