Tips Pelaut : Menentukan Oleh-Oleh yang Tepat (Bagus,Murah,Worth it))

montmartre-tourist-shops.arquet.flkr

Bekerja di kapal pesiar,membuat orang-orang disekitar kita menganggap kita punya uang lebih, dan mereka merasa bisa meminta barang apa aja ke kita dari luar negeri untuk oleh-oleh.Memberikan oleh-oleh itu bagus,bisa untuk mempererat silaturahmi dan membuat orang-orang terdekat kita merasa dihargai oleh kita karena diberi oleh-oleh atau suvenir.Bukannya pelit,terkadang yang jadi kendala adalah benda-benda di luar negri kebanyakan mahal harganya kalau dirupiahkan.Tapi kita jangan juga pulang bertangan hampa tanpa memberi sesuatu buat mereka.Pertimbangkan juga ukuran dan berat dari benda-benda yang kita beli tersebut.Perlu diketahui bahwa jaman sekarang maskapai penerbangan memberikan batasan berat maksimal untuk koper yang kita bawa (koper pertama maks 22 kilo.koper kedua maks 10 kilo,tas ransel / hand carry  maks 8 kilo).Berikut tips ngirit tapi gak murahan ,memilih oleh-oleh atau suvenir sesuai pengalaman saya.

Tea-Souvenir-Store-in-London

  1. Jika untuk orang tua atau istri, bisa dibelikan asesoris yang bagus berharga lumayan.Sebagai contoh  Arloji , karena benda itu kecil dan tidak makan banyak tempat di koper.Jangan membeli perhiasan emas karena kadar karat emas di luar negri jauh di bawah Indonesia.Lebih baik belikan emas  di Indonesia saja karena terjamin kualitasnya.NOTE: kecuali jika anda berada di negara Thailand ,silahkan beli emas sebanyak-banyaknya karena negara itu punya kadar karat emas yang sempurna 24 karat.
  2. Untuk kakak atau adik bisa dibelikan barang yang mereka request..jangan tawarkan banyak pilihan,belikan yang pas buat mereka seperti pakaian / tas / sepatu bermerk.Untuk menghemat biaya,kita bisa berburu diskon pada bulan2 tertentu (hari valentine,tahun baru,dll)
  3. Jika ada yang meminta barang elektronik (HP,gadget,dll)belikan saja di Indonesia dengan alasan harga malah lebih murah sedikit dari harga di luar negeri tapi bisa mendapatkan barang bergaransi resmi.Buat apa beli barang elektronik dari luar negeri tapi kartu garansinya tidak diakui di Indonesia.Apalagi kalau suatu saat bosan dan akan dijual.
  4. Untuk saudara jauh bisa diwakilkan dengan membelikan souvenir bertuliskan atau bergambar kota-kota yang kita singgahi.Saya sering membelikan plakat besi,piring hias atau pajangan (rata-rata seharga 8-12 euro atau 15 dollar US) yang bisa mereka pasang di etalase ruang tamu atau ruang keluarga rumah mereka.Membelikan mug / cangkir sangat tidak saya sarankan..selain kemasannya makan tempat di koper,juga akan mudah pecah di dalam koper.Kalau piring hias bisa disimpan dalam lipatan kaos.
  5. Untuk sahabat….terserah anda mau memberi apa.biasanya saya belikan pakaian bermerk tapi cari yang diskon..
  6. Membelikan gantungan kunci atau magnet kulkas boleh saja,tetapi menurut saya itu tidak bermanfaat karena untuk benda sekecil itu cukup mahal harganya (di eropa rata-rata seharga 5 euro,di amerika 5 dollar US).Saya pernah merasa sakit hati gara-gara ada saudara ngatain “Jauh-jauh dari luar negeri koq cuman ngasih gantungan kunci“..emang bener..banyak orang indonesia menganggap oleh-oleh kalau berbentuk kecil itu murahan.Gak papa koq..biasanya kalau ada saudara atau teman komen gitu ,biasanya tahun depan gak bakal saya kasih oleh-oleh lagi..hehe…
  7. Membelikan kaos cukup bermanfaat,tapi perlu dipertimbangkan kalau kebanyakan akan memenuhi koper kita dan menambah beratnya.
  8. Membelikan parfum sah-sah saja.Harga parfum asli di luar negeri ( rata-rata  50-80 euro atau 75-100 dollar US ) .Terserah anda kalau ikhlas ya silahkan.
  9. Jangan lupa bawa permen atau coklat yang banyak ,untuk diberikan ke keponakan atau anak-anak tetangga sekitar.Hal ini untuk mencegah malu saat ada anak-anak yang nanya ke kita ..” omm,mana oleh-oleh buatku??? “…Kalau mau murah bisa beli permen atau coklat curah di supermarket di luar negeri.( rata-rata 5 euro atau 8 dollar US per kilo)
  10. Jangan membeli semua jenis oleh-oleh dalam satu waktu..untuk mencegah boros,bisa kita beli sebagian dulu sambil jalan-jalan mengunjungi mall atau tempat wisata selama masa kontrak kerja kapal.

Beberapa tips diatas bukan bermaksud mengajarkan kita pelit kepada orang-orang terdekat..tetapi sebagai pelaut kapal pesiar kita juga harus mempertimbangkan pos-pos keuangan pribadi kita juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s