be a smart seaman

sukses1

jadilah pelaut yang ” PINTAR “…Kehidupan kita tidak selamanya di laut.Memang bekerja dikapal pesiar gajinya besar dan menjanjikan kekayaan duniawi , tetapi jika kita ” LEBIH PINTAR  LAGI “,..sebenarnya kita bisa memaksimalkan uang hasil jerih payah kita bekerja di kapal pesiar untuk membangun sebuah wirausaha. Tentunya jangan latah usaha ikut-ikutan trend.Pengusaha sejati adalah seseorang yang MEMAHAMI dan MENCINTAI bisnis yang digelutinya.Mulailah berwirausaha di bidang yang anda sukai dan anda tahu benar seluk-beluknya.Bisa tentang hobi diri kita, atau mengembangkan bisnis keluarga .

entrepen

Jika anda takut rugi,silahkan membangun rumah kontrakan, indekost, atau membeli rumah bekas ,selanjutnya direnovasi untuk dijual kembali atau dikontrakkan.Berbisnis dengan cara memberikan modal kepada saudara atau teman , sangat TIDAK dianjurkan..Sudah banyak cerita konyol pelaut ditipu saudara atau teman bahkan adik atau kakak kandung , uang modal join usaha dilarikan partner bisnis.Hal ini sangat dimungkinkan karena pelaut terlalu fokus dan sibuk kerja di kapal dan kadang partner bisnis meremehkan kita menganggap kita bisa menyuntikkan dana terus.

Pelaut tidak perlu malu berbisnis kecil-kecilan. kadang bisnis kecil tersebut malah mendatangkan keuntungan dan susah bangkrut.Kenapa disini saya sebut bisnis susah bangkrut ?…karena bisnis ini adalah bisnis kebutuhan primer , seperti : membuka toko kelontong , grosir sembako,dll . sekalian juga menjual  voucher pulsa dan tokken listrik.Biasanya  pelaut merasa gengsi jika punya bisnis yang terkesan abal-abal.Banyak rekan-rekan pelaut memulai bisnis membuka warnet , cuci mobil hidrolis,bengkel asesoris motor,toko HP, dll. Memang pelaut punya modal besar, dan kadang terlau berani menggunakan semua modal untuk membangun sebuah usaha.Resikonya adalah jika bisnis itu mulai kolaps, pelaut tidak punya modal lagi untuk mempertahankan bisnisnya.Makanya sering kita jumpai pelaut kapal pesiar setelah istirahat di rumah beberapa tahun,ehh,…kembali kerja di kapal pesiar.Alasannya simpel dan mudah ditebak., cari tambahan modal…

Inilah realita pelaut kapal pesiar, Tuhan menganugerahkan kita rezeki melimpah, Seharusnya kita pintar mengelola keuangan sebaik mungkin agar bisa sukses di rumah.Bekerja kapal pesiar hanya sementara untuk batu loncatan ( cari  modal) dan jangan lama-lama . Jika dirasa cukup hasil uangnya segera memikirkan peluang-peluang usaha yang paling pas dan mudah dijalankan.Kebahagiaan sejati bukan di uang,tetapi kesehatan dan kebersamaan  kita dengan orang-orang terkasih di rumah. Mereka sangat mengharapkan kehadiran kita di rumah secara fisik, bukan hanya uangnya saja.

” Orang terkaya di Indonesia adalah seorang PENGUSAHA..bukan PELAUT.kalau ingin jadi orang terkaya di Indonesia, segeralah berhenti kerja kapal pesiar,dan mulailah ber wirausaha”

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s