SKOTLANDIA negeri terindah ( dalam penilaianku)

Bertahun-tahun bekerja di perusahaan kapal pesiar negara Italia ( MSC cruises ),..pastilah membuat saya mengagumi keindahan Italia .Mulai dari mempelajari bahasa Italia secara serius, mencoba makanan, mode,mempelajari teknologi otomotif, dan budayanya.Setiap ada kesempatan kapal ngeport di negara Italia, pasti saya sempatkan keluar kapal. Sekedar jalan melepas kepenatan kerja , mengeksplorasi beberapa daerah wisata dan bangunan bersejarah adalah

scotland train

kegemaran saya.  hingga pada suatu saat saya memutuskan untuk pindah kerja di perusahaan kapal pesiar PRINCESS cruises .Kebetulan kami sering berada dalam jalur skandinavia, home port Southampton, jalur Liverpool,Dublin (Irlandia),dan menyisir keindahan negara Skotlandia .Cukup susah bagi saya melupakan negara Italia mengingat saya sudah faham betul bahasanya dan mengetahui banyak tempat yang menarik untuk dituju.

1005665_575290095861730_1445966303_n

Skotlandia adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya.Mencakup sepertiga bagian utara Pulau Britania Skotlandia berbatasan dengan Inggris di sebelah selatan, Laut Utara di sebelah timur, Samudera Atlantik di sebelah utara dan barat, serta Selat Utara dan Laut Irlandia di sebelah barat daya. Selain daratan utama, Skotlandia juga terdiri dari 790 pulau lebih, termasuk Kepulauan Utara dan Hebrides. Edinburgh, ibu kota negara dan kota terbesar kedua, adalah salah satu pusat keuangan terbesar di Eropa.Edinburgh pernah menjadi pusat Pencerahan Skotlandia pada abad ke-18, yang mengubah Skotlandia menjadi salah satu kekuatan industri, perdagangan, dan intelektual di Eropa. Glasgow, kota terbesar di Skotlandia, pernah menjadi salah satu kota industri terkemuka di dunia dan saat ini berlokasi di pusat konurbasi Glasgow Raya. Perairan Skotlandia terdiri dari sejumlah besar sektor Atlantik Utara dan Laut Utara, mengandung cadangan minyak terbesar di Uni Eropa. Karena hal ini, Aberdeen, kota terbesar ketiga di Skotlandia, dijuluki dengan ibu kota minyak Eropa. Tidak seperti negara eropa lainnya yang sudah kebanyakan kaum imigran ( India , Cina , Pakistan , Arab ) , di Skotlandia 90% penduduknya adalah pribumi. Dengan logat British English yang begitu kental,..membuat kita pelaut yang sepintar apapun berbahasa inggris perlu beradaptasi lagi untuk bisa berkomunikasi dengan penduduk  Skotlandia .

DANAU

Di Skotlandia, pandangan kita akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang terbentang di setiap sudut. rok kotak-kotak, ,alat musik dan monster Loch Ness. Jika dengar itu, ingatan kita pasti tertuju ke Skotlandia. Negeri yang berada di bawah kekuasaan monarki Ratu Elizabeth ini juga terkenal dengan kecantikan alamnya yang luar biasa. . Berganti musim, maka berganti pula ‘penampilan’ alamnya, namun tetap memancarkan pesona yang mengundang decak kagum. Tak heran jika Skotlandia dijadikan lokasi syuting film, Harry Potter . Negara dengan lambang bunga Thistle ini merupakan salah satu ‘kerajaan’ yang membentuk United Kingdom of Great Britain and Northern Island, atau lebih dikenal United Kingdom (UK). Selain Skotlandia, tiga ‘kerajaan’ UK lainnya adalah England (Inggris), Wales, dan Northern Ireland. . Dengan luas 79.000 kilometer persegi (sepertiga daratan UK), Skotlandia berpenduduk 5,2 juta jiwa saja pada 2010. Coba bayangkan Pulau Jawa, yang luas tak lebih dari dua kali Skotlandia ehh,,…penduduknya mencapai 24 kali lipatnya…Mantabs… Dalam komunikasi sehari-hari warga Skotlandia menggunakan bahasa Inggris. Namun , ada banyak frase atau istilah lokal yang sering terdengar dalam percakapan. Di kota Aberdeen, misalnya, bila Anda disapa dengan ‘fit like?’, tak perlu bingung. Itu artinya orang tersebut menanyakan kabar Anda, atau ‘how are you?’ dalam bahasa Inggris. . Sebenarnya Skotlandia memiliki bahasa asli, yaitu Gaelic. Sayangnya, belakangan ini tidak banyak Scottish (sebutan untuk orang Skotlandia) yang menguasai bahasa tersebut. Contoh kata yang berasal dari bahasa Gaelic adalah loch. Loch bermakna danau, yang dalam bahasa Inggris disebut lake. Bagi yang pernah menyaksikan film Loch Ness (1996) mungkin tak asing lagi dengan danau di Skotlandia tersebut. Loch Ness adalah danau dengan volume terbesar dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Skotlandia . Danau ini terletak di kawasan Highlands, Jika kita menggunakan kapal pesiar berlabuhnya di ” port of Invergordon ” . Wilayah utara Skotlandia yang kondisi topografisnya didominasi oleh pegunungan. Hal yang menarik dari Loch Ness adalah monster danau, yang melegenda. . Terlepas dari banyaknya pro – kontra mengenai eksistensi monster yang konon menyerupai plesiosaurus ini, faktanya, segala jenis suvenir berkarakter Nessie menjadi suvenir paling dicari para turis. Jika anda berkesempatan ke Loch Ness, Jangan lupa mengunjungi kastil Urquhart yang kini tak utuh lagi itu berdiri di sebelah barat Loch Ness, di atas bukit berbatu. Urquhart, konon berdiri sejak 1200-an, merupakan salah satu kastil terbesar di Skotlandia pada masanya.. Selagi Anda di situs bersejarah itu, jangan lewatkan untuk menaiki menara tertingginya. Dari situ, dijamin, Anda akan terpesona dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.

edinburgh

Selain Urquhart, tentu saja masih banyak kastil lainnya yang tak kalah menarik. Setidaknya terdapat 3000 kastil yang dapat ditemui di negeri kelahiran William Wallace—pahlawan Skotlandia di abad 13—ini. Salah satu yang terkenal adalah Edinburgh Castle (Berada di kota Edinburgh atau port kapal pesiar “ South Queensferry “ ), yang menjadi ikon utama ibu kota Skotlandia, Edinburgh City. . Kastil Edinburgh berdiri di atas bukit berbatu yang dulunya dipercaya sebagai gunung berapi. Melancong ke Skotlandia rasanya kurang afdol kalau belum menginjakkan kaki ke sini. Berdiri di bagian manapun di kastil ini, akan terlihatlah panorama yang berbeda di setiap sisinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s