pelabuhan “SOUTHQUEENSFERRY” (diam-diam menghanyutkan)

Pertama mendengar namanya terasa aneh.” Daerah mana sih ?” ,  saya bertanya kepada seorang teman senior .”Gak tau,gue belom pernah kesana …coba aja ,mungkin bagus kalo coba-coba keluar, tapi denger-denger suhu dingin banget dan lebih sering berkabut ,apalagi kapalnya TENDER  bro !!! ” .Jawabnya..

princess tender 1

” Tender Service  ” adalah sebuah istilah untuk kapal yang tidak bisa berlabuh di pelabuhan karena kapalnya terlalu besar dan atau pelabuhannya terlalu dangkal.Maka untuk menjangkau, kapal pesiar akan parkir (buang jangkar ) sekitar 2 mil dari pesisir dan menggunakan sekoci  yang diturunkan sebagai shuttle boat (bolak-balik) untuk membawa penumpang menuju pelabuhan tersebut.

Berhubung hari itu adalah hari libur saya, iseng saya mencoba keluar kapal.Seperti biasa “Tender Service” membuat saya sedikit repot.Secara kita sebagai kru kapal pesiar harus antri dan pastinya prioritas yang bisa masuk sekoci adalah penumpang dahulu.Untuk kapasitas sekoci 150 orang , hanya tersedia jatah 15 kursi untuk kru.Setelah antri selama 20 menit,akhirnya saya bisa masuk ke sekoci.Udara dingin berkabut cukup tidak bersahabat.Beruntung saya memakai coat beludru .Setelah 10 menit  terombang-ambing di sekoci ,Saya turun menuju pelabuhan.

cafe

Kesan pertama ,…biasa banget..pelabuhan desa licin karena berlumut sangat tidak mencerminkan pelabuhan kapal pesiar.Hampir saya memutuskan untuk kembali naik sekoci lagi karena udara juga sangat dingin, tetapi saya mencoba optimis mengeksplorasi ,  pasti ada hal bagus disana .Setelah berjalan menuju gate penjagaan, saya melihat pemandangan yang sangat menenangkan hati saya.Sebuah area humanis, dengan pemandangan khas pedesaan Skotlandia (seperti di film Braveheart dan Harry Potter), dengan kafe-kafe kecil menyajikan kopi ,roti bagel dan hidangan berbahan dasar  coklat .Sangat cocok suasananya  bagi yang pelaut senang melamun  (seperti saya… ) atau sekedar WIFIan sambil ngopi menghadap laut dan mengagumi jembatan Southqueensferry yang sangat terkenal..Suasananya tenang dengan keramah-tamahan penduduk khas Skotlandia.

southqueensferry

Karena hari itu saya libur full,waktu masih banyak tersisa.Sisa waktu 6 jam dengan sisa uang tips 48 poundsterling dari  cruise minggu lalu  di dompet , membuat saya optimis mencoba ke kota Edinburgh (ibukota Skotlandia).Perlu shuttle bus untuk menuju kesana.Dengan biaya 10 poundsterling untuk biaya round trip menuju downtown (agak mahal).Tetapi sangat menyenangkan perjalanan di shuttle bus selama 45 menit dengan pemandangan yang sangat unik.

edinburgh castle

Ternyata kota Edinburgh begitu indah dan damai.penduduknya yang senang menyapa turis,bangunan-bangunan bersejarah bersebelahan harmonis dengan gedung-gedung pencakar langit.Ada juga sekolah tempat syuting film Harry Potter yang begitu terkenal (Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry ). dan di tengah kota ada kastil yang sangat megah “Edinburgh Castle”.di sekitar kastil ada taman yang sangat luas,banyak turis duduk-duduk atau malah tiduran di rumput menikmati suasana sambil mendengar alat musik ” bagpiper ” yang dimainkan banyak penduduk bertujuan untuk menghibur pelancong.di samping jalan utama ada sebuah mall besar dengan merk-merk pakaian terkenal ,sangat cocok jika kita hobi berbelanja mode.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Edinburghcity

Seharian mengeksplorasi kota Edinburgh membuat saya terpikat.Suasana kota , bangunan modern dipadu bangunan kuno dan museum bersejarah , keramah-tamahan penduduknya  kepada pelancong ,..mengingatkan saya kepada kota kelahiran saya YOGYAKARTA (ahh,…masa seeh…? hehe..) . Sampai hari ini, EDINBURGH adalah kota terfavorit saya selama karier dunia kapal pesiar .meski cukup repot menjangkaunya.(dengan sekoci , shuttle bus yang mahal, waktu tempuh lama) , tidak menyurutkan niat saya untuk selalu kembali mengunjungi ” Port of Southqueensferry ”

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s