Metode Telekomunikasi Pelaut ( dari masa ke masa )

 

Beruntunglah rekan-rekan menjadi pelaut kapal pesiar jaman sekarang , sangatlah enak urusan komunikasi dengan keluarga atau pasangan di Indonesia.Mau pake apa ?…YM, Skype , WA , BBM , Fesbuk , LINE ,dll bahkan telepon ke Indonesia pun bisa dilakukan dari cabin ( kamar ) kru di kapal pesiar.Semuanya dengan kualitas suara atau video yang diatas rata-rata . Phonecard  atau WIFI card bisa di beli 24 jam di crew office. Kalau kantornya tutup, ada vending machine ( Semacam ATM khusus penjualan kartu telpon ).di kapal PRINCESS satu phonecard seharga USD $ 10 bisa buat nelpon 52 menit ke Indonesia , Kalau WIFI card seharga USD $ 20 bisa untuk onlen sekitar 4 jam.Mahal memang kalau dibandingkan tarif Indonesia, tapi demi mengobati rindu , uang tersebut gak masalah.Apalagi bagi kru kapal pesiar yang dapat uang tips setiap akhir cruise.

Back to that day,..Pelaut kapal pesiar era tahun 70 – 80 an.Sangat susah melakukan percakapan telepon ke Indonesia , mengingat jaman itu gak semua rumah punya jaringan telepon. Mereka hanya bisa kirim-kiriman surat yang sampainya hampir sebulan.Sungguh perjuangan luar biasa demi mencapai kekayaan untuk keluarga , rela  susah komunikasi dengan keluarga selama berbulan-bulan. Kabar duka pun selalu sampai ke kapal telat , karena dari keluarga menghubungi Agen dulu di Jakarta , baru Agen menghubungi perusahaan kapal pesiar di Amerika untuk selanjutnya diteruskan ke manajemen kapal.(gak usah dibayangin gimana..pokoknya ribet urusan komunikasi kalau jadi pelaut jaman dulu )

Hp-Jadul-660x280

Pelaut kapal pesiar era 90 an hingga awal tahun 2000 an adalah masa-masa keemasan bagi mereka yang merasakannya.Gaji banyak , uang tips per cruise mencapai ratusan dollar , Komunikasi nelpon ke indonesia sudah mulai gampang. banyak rumah-rumah pelaut sudah pasang jaringan telepon ,di luar negeri sudah mulai ada phone card di berbagai destinasi (tempat wisata ).Kebanyakan pelaut saat itu meluangkan waktunya keluar kapal saat ngeport , beli phone card dan nelpon pakai telepon umum.terkadang terlihat antrian panjang mengular di bilik telepon umum karena memang tidak tersedia jumlah banyak.Saat tahun 1998 ponsel sudah masuk ke Indonesia meski harganya selangit. tetap aja kalau pelaut kapal pesiar mampu membelinya. Komunikasi sudah agak mudah lagi dengan adanya SMS , sehingga menggantikan fungsi surat-menyurat.

images

Saya sebagai contoh generasi pelaut kapal pesiar transisi mid tahun 2000an , dimana tahun 2005 sudah mulai ada telepon di cabin crew ( kamar kru ) , meski sangat mahal, kadang menelpon dari kamar dilakukan di saat kepepet . (kesibukan kerja / capek gak sempat keluar kapal ).Telepon umum internasional  dengan phone card sudah mulai ditinggalkan . banyak pelabuhan destinasi wisata yang menyediakan telephone booth ( semacam wartel ).Hal ini cukup menggembirakan meski tetap harus antri, gak perlu terlalu lama. Telephone booth banyak tersedia di berbagai destinasi menarik ( Barcelona , Genova , Civitavecchia -Roma , dll ).Setiap kapal ngeport dan saat ada uang, itulah momen yang tepat untuk menuju ” wartel ” dan menelpon Orang tua atau keluarga.

Tahun 2009 sudah mulai bisa menggunakan fitur BBm , Saat itu di MSC Cruises saya memakai SIMcard prabayar negara Italy untuk bisa berkomunikasi. Kebetulan SIMcard tersebut spesialis  nelpon Internasional.( WiND card )Setiap kapal berlabuh , disela-sela pekerjaan saya , sambil SMSan , atau fesbukan update foto selfie saat kerja dan diunggah di FB (berharap banyak yang nge-like )…hehe..WIFI sudah mulai bisa dinikmari kru dari kamarnya , sehingga aktivitas internet sering dilakukan.Sinyal WIFI sangat terbatas.Di waktu-waktu tertentu , kadang sinyal lemot  apalagi tengah malam saat kebanyakan kru selesai kerja ingin Skype an dengan keluarga.

1254100844519065874wireless-wifi-hotspot.svg.hi

Tahun 2011 adalah masa yang menurut saya sangat fenomenal.saya tidak tahu bagaimana teknologi komunikasi kru di kapal pesiar lain, saya ingin membahas teknologi komunikasi di kapal PRINCESS, kalau sinyal WIFI sih standard dikapal manapun sama, kalau mau gak lemot , silahkan onlen dini hari atau waktu shubuh saat jam para kru masih terlelap tidur.Uniknya di kapal PRINCESS, telepon cabin, tidak hanya bisa menelpon Internasional, tapi juga bisa menelpon “Ship-to-ship “.Ini bisa menjamin kita mudah menelpon teman kita atau saudara yang bekerja  di kapal pesiar perusahaan lain langsung ke cabinnya.Jaringannya disediakan oleh ‘MTN Service’.telepon “Ship-toShip” bisa dilakukan ke sesama kapal PRINCESS , atau ke kapal COSTA, CARNIVAL , AIDA, HAL, (kapal pesiar dalam manajemen Carnival Company ).

Buat rekan-rekan yang masih di kapal pesiar, bersyukurlah , bahwa komunikasi kita sekarang bisa begitu mudahnya. Menelpon, SMS, atau onlen bermodal Android menggunakan SIMcard paket data negara setempat.Jaman dulu gak terbayangkan kondisi saat ini . Bisa menelpon dari telepon umum aja udah bersyukur banget, apalagi kalau pas tidak ada antrian.

Buat adik-adik yang ingin bekerja ke kapal pesiar, jangan khawatir bagaimana komunikasi dengan keluarga atau pacar, sekarang sudah semuanya gampang.Silahkan tanyakan senior-seniornya di kapal nanti bagaimana caranya komunikasi di kapal pesiar (pakai kartu apa yang bagus ? , SIMcard apa yang bisa dipakai di tengah laut ?..,dll )

GOOD LUCK GUYS !!!!..jagalah komunikasi kepada keluarga atau orang-orang terdekat…merekalah  yang senantiasa mendoakan kita agar selalu sehat , sukses  dan meraih karier terbaik di kapal pesiar…

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s