Berbagai Cara Mendapat Income tambahan Pelaut Kapal Pesiar

Still life of American money --- Image by © Tetra Images/Corbis
Still life of American money — Image by © Tetra Images/Corbis

Tuhan  Y.M.E itu maha adil.di kapal pesiar, semua kru dari berbagai level  pekerjaan sama-sama berpeluang  mendapatkan uang tambahan ( bisnisan , macul : istilah adaptasi bahasa jawa    yang berarti mencangkul ) . Alasan bagi pelaut kapal pesiar cari uang tambahan macam-macam..kebanyakan karena punya banyak hutang di rumah, ada target sesuatu yang akan di beli  secepatnya (rumah , tanah , mobil , dll )atau sekedar ingin menambah income agar uang gaji sekontrak utuh tidak terpakai .Jenis -jenis  “bisnis” di kapal pesiar macam-macam dan cukup unik seperti :

pulsa

  • Berjualan Pulsa ( keuntungan lumayan -resiko besar )

Di kapal pesiar, banyak kru membutuhkan pulsa SIMcard Indonesia , beberapa kru menganggap ini adalah sebuah kesempatan untuk menjual pulsa. keuntungan sedikit tapi konsumen banyak dan sering beli.Resiko dari bisnis ini adalah kadang ada sesama kru yang telat bayar , pura-pura lupa atau malah ngemplang tau-tau udah finished contract gak bayar hutang sebelumnya.

crew cabin

  • Helper laundry dan beresin kamar / Cabin (keuntungan besar – resiko sedikit )

Biasanya bisnis ini dilakukan oleh para kru laundry. Dengan biaya bulanan seperti abonemen, mereka mengelola  seragam, baju, dan kebersihan cabin kita .Dengan  tarif perbulan USD $ 40 – USD $ 60an , para pelaku bisnis ini punya banyak penghasilan tambahan.Para konsumennya biasanya staff dining room yang waktunya super sibuk dan tidak sempat membereskan kamar . Biasanya para helper laundry  tidak mau naik pangkat atau pindah divisi, karena sudah merasa nyaman di posisi laundry tapi dapat uang tambahan dari bisnis ini. Resiko dari bisnis ini hampir tidak ada.Mungkin hanya capek atau loyo di pekerjaan utama gara-gara kebanyakan klien.asal orangnya rajin dan rapih  , pasti banyak pelanggan.

helper cabin

  • Helper Cabin Steward atau Room Attendant  (keuntungan besar-resiko sedikit )

Bisnis yang banyak dilakukan oleh banyak staff GPA house keeping dept. Membantu para cabin steward membereskan cabin para penumpang.kebanyakan  pekerjaan membuat banyak cabin steward kelelahan dan susah menyelesaikan target .Apalagi saat embarkasi, cabin penumpang harus dibersihkan dengan segera.Makanya mereka memerlukan jasa helper untuk membantu membersihkan kamar.Resiko dari bisnis ini hampir tidak ada.Mungkin hanya capek + mengantuk atau loyo di pekerjaan utama gara-gara kebanyakan kerja ngeberesin kamar..asal orangnya rajin dan rapih  , pasti banyak permintaan bantuin cabin steward.

night cleaner1

  • Dining Room Night Cleaner ( keuntungan besar – resiko sedikit )

Tugasnya bersih-bersih restoran kalau malam, di kapal pesiar restorannya besar sekali.kira-kira sebesar 2 x food court sebuah mall.Sebenarnya tugas ini khusus sebagai jadwal rutin beberapa staf dining room sebagai “kerja jam ekstra “.Imbalannya adalah tambahan hari libur atau bisa memilih hari libur.Akhirnya beberapa staf dining room yang tergabung dalam tim ” night cleaner ” (seperti saya ) cenderung menyerahkan tugas mereka kepada staf galley cleaner  (GPA) dengan imbalan sejumlah uang .Biasa sebesar USD $ 45 – USD $ 75 per cruise.Uang  untuk membayar para helper GPA diambil dari uang tips .Hal ini seakan menjadi berkah tersendiri bagi staf GPA untuk mendapatkan tambahan keuangan mengingat gaji mereka rata-rata USD $ 600 .

noodles

  • Berjualan mie instan siap saji ( keuntungan besar-resiko sangat besar )

Bisnis ini sering dilakukan staf kitchen.dengan bermodal panci pemanas listrik , mereka setiap malam berjualan mie instan Indonesia yang memang  banyak dijual di luar negeri . Mereka menggunakan sisa-sisa daging yang belum dimasak dari kitchen saat dinner service.Banyak menu variasi mie instan dengan daging sapi, kambing, lobster, udang (sesuai sisa daging yang didapat oleh chef pelaku bisnis ini.Mereka memasak di cabin menggunakan panci pemanas dan pembeli mie instan bisa makan disitu atau delivery cabin ke cabin.Alhasil cabin chef tersebut selalu penuh setiap malam seperti warung.Harga mie instan USD $ 5 – USD $ 8 tergantung variasi topping / daging  dan sayuran.keuntungan bisnis ini besar tapi resikonya bisa-bisa dipulangkan dan black list , kalau sampai ketahuan security atau manajemen kapal. Karena di cabin kita tidak boleh makan makanan basah dan apalagi memasak.resikonya sangat besar jika terjadi konsleting listrik  bisa membuat kapal terbakar

alat cukur hair clipper

  • Jasa potong rambut ( keuntungan besar-resiko hampir tidak ada )

Banyak sekali pelaku bisnis ini di kapal pesiar. Bermodal satu set alat cukur rambut dan piranti tambahan lainnya .  Ada yang membuka jasa panggilan, membuka jasa potong rambut  di cabin nya , atau membuka jasa tersebut di sudut koridor (gang antar cabin ke cabin ).Bisnis ini gampang-gampang susah. Yang memang benar-benar berbakat bisa potong rambut , pasti laris dan terkenal.Masing-masing kru mempunyai langganan sendiri . Kadang kalau yang tukang potong rambut full order atau lagi gak buka. mereka rela menunda potong rambutnya. Tarif rata USD $ 10  atau biasanya klien memberi uang lebih jika dirasa hsil potong  rambut bagus . Keuntungan bisnis ini sangatlah besar. resikonya mungkin hanya capek atau paginya bangun kesiangan telat kerja gara-gara semalam laris potong rambut klien.

tukang pijat

  • Jasa pijat panggilan ( keuntungan besar – resiko : sering mendapat fitnah )

Sebenarnya jenis bisnis ini cukup menjanjikan , mengingat di kapal pesiar adalah tempatnya para kru  capek , pegel, linu dll. Karena tidak banyak orang punya kemampuan bisa memijat, membuat profesi ini cukup unik dan dicari-cari di kapal pesiar . Mulai dari bisa pijat beneran atau  cuman bisa – bisaan tetep aja banyak langganan .Karena memang tidak banyak kru melakoni bisnis ini. Keuntungannya besar , bisa juga menggunakan ilmu pijatnya untuk memijat atasan atau supervisor, pasti akan dikasih ” good life on board ” ( istilah yang sering dipakai jika kita bisa mengambil hati atasan, dan kita selalu dikasih kerjaan ringan )sayangnya banyak  oknum bencong atau Gay pura – pura membuka jasa pijat padahal sambil mencari klien sesama gay . Resikonya adalah jika kita adalah seorang pria pemijat sejati , kadang sering disalah tafsirkan oleh kru lain dikira kita ” jualan ” panT*t . Ada teman saya pintar banget memijat  (capek maupun keseleo ), sudah banyak pelangganan namun memutuskan berhenti gara pernah memijat klien , ternyata kliennya adalah seorang gay . Teman saya dikira ” bisa dipake ” dan ditawarin uang ratusan dollar. ” kapok Broo !!! ” kata dia…

Banyak sekali bisnis yang lain dilakukan para pelaut kapal pesiar . banyak resiko  ditempuh termasuk memotong waktu tidur / istirahat demi bisa melakukan pekerjaan tambahan.Saya selalu melakukan ” Bisnis ” di setiap kontrak kerja kapal pesiar saya. Bagi saya bekerja di kapal pesiar harus mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.Semoga artikel diatas bisa menginspirasi rekan-rekan bagaimana menambah penghasilan di kapal pesiar sehingga gaji kita utuh dan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk keluarga di rumah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s