Tips pelaut : Beberapa Barang Bawaan yang Sepele tapi Penting

Yang namanya kerja kapal satu kontrak sekitar 10 bulan itu, sama aja kita pindahan kamar . Barang-barang di kamar termasuk yang sepele, kecil pun penting juga di cabin kita nanti di kapal pesiar. Mengapa kita harus membawa barang-barang ini ??…karena jika enggak, kadang kita butuh juga. kalau beli di luar negeri, terkadang harganya mahal.seperti kabel data bisa sampai seharga USD $ 8…bayangkan masa’ kabel data segitu mahal amat, di indonesia maksimal 15 ribu ..maklum bro / sist,  di luar negeri tidak ada produk KW atau buatan Taiwan.Kita juga harus membawa barang-barang tersebut demi memudahkan kehidupan kita di cabin nantinya..kalau pinjam teman sesama kru  kadang tidak dipinjami, karena dia butuh juga.Jika sudah akhir kontrak, barang-barang ini bisa diberikan ke teman atau dibuang terserah. Kalau dibawa pulang lagi, buat apa?..nambah-nambahin berat mending untuk bawa oleh-oleh buat saudara atau keluarga.berikut beberapa barang bawaan saya setiap kontrak kapal pesiar .

  • STEKER ROLL KABEL

Kabel perpanjangan ini   di luar negeri bisa seharga USD $ 18. Beli aja di Indonesia murah meriah.Gunanya bagi kita yang di cabin punya gadget atau barang elektronik banyak.kadang kita harus ngecharge Hp atau android + laptop bersama-sama, belum lagi butuh listrik buat speaker aktif, dll .

  • STEKER CABANG 3

Fungsinya mirip dengan roll kabel, namun hanya ditempatkan di posisi colokan listrik.Kadang sama teman kabin berbarengan ngecharge gadget. sungkan kalau mencopot charger dia padahal baterai gadget nya  belum penuh, Untuk menghindari konflik perasaan, mending kita pakai steker cabang 3 atau lebih.

  • SOLASI BENING dan SELOTIP BOLAK-BALIK

Pilih yang lebar . kalau beli di kios fotocopy sekitar 8 ribuan.Gunanya untuk menyolasi apapun yang ingin kita tempel atau rekatkan. Bisa untuk menyolasi jalur kabel gadget agar rapih dan menempel sempurna dengan kontur meja atau rak ,Bisa juga untuk  menempelkan foto keluarga, pacar, atau brosur  mobil / rumah idaman yang akan kita beli di akhir kontrak.

  • CABLE TIES

Beli di toko perkakas atau toko sparepart tukang servis elektronik. Gunanya untuk mengikat kabel banyak alat elektronik kita agar rapih dan enak dilihat.Karena sifat cable ties yang kuat dan tidak mudah putus. benda ini bisa juga untuk mengikat sesuatu di cabin yang hampir lepas dari posisinya seperti : rel korden , handle di bed, dll

  • LACI PLASTIK KECIL 

Beli di supermarket di Indonesia, rata-rata seharga 25 ribuan.Di cabin kru kapal pesiar, laci tempat penyimpanan sangat besar, makanya kita butuh laci kecil juga.  Gunanya untuk menyimpan benda-benda kecil yang penting bagi kita seperti : name tag, sisa kembalian receh, menyimpan bolpen, kancing baju lepas yang belum sempat dijahit ulang, gunting kuku, SIMcard , dll

  • LEM ALTECO

kalau beli di luar negeri seharga USD $ 2.5 . Bawa aja dari Indonesia  seharga 3 ribuan. Pasti berguna buat nge lem sesuatu yang pecah atau retak .

  • ALCOHOL 70%

Beli di apotek Indonesia 10 ribuan, Gunanya untuk mengompres jari kaki kita terutama jempol, karena kadang gara-gara salah guntung kuku dan keburu dipakai untuk bekerja gerak cepat..daging di sekitar jempol kaki agak lecet dan sakit. kalau hal ini didiamkan bisa-bisa jadi infeksi. Kalau minta obat di medical room, biasanya malah kuku kaki kita dicabut…” sakitnya tuh disini..”..hehe.(pengalaman pribadi ).

NB: Bawa alkohol di bungkus ulang dengan plastik dan diikat .disimpan di koper..jangan di ransel / hand carry

  • ALAT JAHIT dan CADANGAN KANCING

Sepele banget tapi perlu, kadang kancing baju seragam kita hilang satu. Sedangkan sebagai pelayan kapal pesiar, kita dituntut untuk berpenampilan perfect. Bisa sih minta kancing baju ekstra di laundry dept.tapi kadang makan waktu dan kadang-kadang tidak dikasih juga dengan berbagai alasan.(mungkin kalau kita ngasih  receh 1 dollar baru dech dikasih tuh kancing baju  atau benang jahit) .

  • SEMIR SEPATU dan SIKATNYA

Sudah pada tahu fungsi benda ini. Yang jelas banyak pelaut lupa tidak membawanya.Padalah sepatu harus selalu mengkilat agar tidak kena tegur supervisor.di luar negeri seharga USD $ 6. Silahkan bawa aja dari Indonesia cuman belasan ribu.

  • KESET

di cabin kru kapal pesiar lantainya dilapis karpet. Kalau sehabis mandi pasti kaki kita basah.jika terlalu sering menginjak karpet dalam waktu lama dapat menyebabkan karpet lembab.Alhasil cabin kita jadi bau apek.Makanya dibutuhkan keset, karena kalau kita menaruh lipatan handuk di depan toilet cabin sebagai keset , bisa dapat warning kalau ketahuan saat cabin inspection.Keset juga bisa menjadi penghias dekorasi cabin kita.

  • SENTER

Benda kecil tapi perlu.Kadang di kapal pesiar, terjadi  ‘black out’ selama belasan detik (saat dimana mesin diesel kapal melakukan restart.disitulah lampu penerangan mati mendadak.jika kita berada di area publik langsung ada generator cadangan yang segera menyalakan lampu darurat.tapi jika kita berada di cabin, Suasana gelap gulita.dan pastinya rekan-rekan  akan panik.Saya membawa senter kecil setiap saat , bahkan pada saat tidur.Pernah juga Senter saya membawa rejeki , tahun 2011  saya gunakan senter saya saat membantu salah satu penumpang kapal pesiar yang tidak sengaja menjatuhkan cincin pertunangan  dia saat makan malam di restoran.Padahal seharusnya di akhir cruise  adalah rencana dia untuk melamar pasangannya.Sehabis kerja dinner jam 12an malam, saya ubek-ubek karpet di bawah meja makan area kerja saya . Setelah hampir 2 jam merangkak sambil meraba-raba karpet V.V.I.P dining room yang empuk dan super tebal, ehh..ketemu juga tuh cincin.Akhirnya saat malam gala dinner (malam terakhir cruise ) saya diberi uang USD $ 200 sebagai ucapan terimakasih dan diberi ” good comment card ” yang membuat saya menjadi employee of the month  di bulan itu  dan langsung naik jabatan. Alhamdulillah rejeki anak sholeh…

  •  POWERBANK, KABEL DATA, USB

Powerbank bisa digunakan sebagai charger tambahan saat kita jalan-jalan keluar kapal.Jika ada fitur lampu LED, bisa digunakan sebagai pengganti senter ( seperti artikel diatas ), kabel data dan atau USB bisa digunakan untuk mengcopy data atau download an laptop teman kita untuk dipindahkan ke laptop kita.USB bisa juga untuk menyimpan file scan semua ijazah , pengalaman kerja, dan referensi kerja kita . Karena siapa tahu kita saat di kapal melamar untuk posisi yang lain, kita bisa tunjukkan file tersebut.

  • JAM WEKER

Dahulu benda ini penting banget. Namun setelah adanya  handphone, alarm jaman sekarang menggunakan fitur di HP.Saya masih tetap menggunakan jam weker sebagai cadangan alarm. Siapa tahu HP kita lowbatt tengah malam dan tidak menyala di pagi hari.

  •  GUNTING dan spidol pewarna  STABILO 

Gunting bisa untuk menggunting sesuatu, atau merapihkan bekas benang di jahitan hasil reparasi ala kadarnya kita terhadap seragam.Stabilo kita gunakan untuk memblok warna suatu informasi / selebaran yang kita simpan.Bisa juga untuk mencoret/ memandai cruise yang telah dilalui.Mirip seperti di penjara, hari demi hari dihitung..kapan pulangnyaa…???hehe…ngenes bro…!!!

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s