DISKUSI MENARIK : Kerja Kapal Pesiar -VS- Kerja Ilegal Darat (di Luar Negeri )

keep

Omongan ini sudah ada sejak era kru pelaut kapal pesiar  Indonesia tahun 80an. Dibicarakan di lingkungan kecil maupun diskusi besar antar pelaut.Sampai sekarang..tetep aja jadi bahan pembicaraan menarik. Meski semua kru tahu  hal ini dilarang keras oleh negara, apalagi oleh agen kapal pesiar kita. Yaa,…fenomena JUMP SHIP..(istilah untuk kru kapal pesiar yang melarikan diri saat kapal berlabuh umumnya di pelabuhan Amerika. dan bekerja di darat sebagai pekerja ilegal / tanpa dokumen resmi ). Semuanya demi mimpi menjadi jutawan. Dasar orang Indonesia tidak pernah merasa cukup. Sudah dikasih rejeki oleh Tuhan Y.M.E  , diberi pekerjaan mentereng bergaji bagus sebagai pelaut kapal pesiar,..ehh, masih merasa kurang juga.

Banyak yang mencoba-coba JUMP SHIP , bahkan hingga saat ini.Negara favorit tentu saja adalah Amerika. Sedangkan di Amerika sendiri sejak tahun 2008 sudah menerapkan peraturan ketat kepada semua pelaku usaha atau pengusaha industri untuk tidak mengambil tenaga kerja tanpa dokumen.Para kru yang coba-coba peruntungan ini, ada yang berhasil..ada yang enggak …ada juga yang tragis,  di Amerika  malah terlibat sindikat Narkoba dan terbunuh disana.Bagi yang berhasil, mereka bisa ditampung di  tempat kerja yang bersedia mempekerjakan pekerja ilegal, namun tetap harus hati- hati agar tidak digrebeg petugas imigrasi. Yang tidak berhasil menggapai mimpi bekerja di negeri Paman Sam, kebanyakan dipulangkan (deportasi ) bahkan sebelum dia mendapatkan pekerjaan.. Efeknya, nama dia akan  di-black list gak bisa masuk Amerika dan bikin Visa Amerika selama 15 tahun…dan orang tersebut  juga akan sangat susah mendaftar  perusahaan kapal pesiar . salah-salah malah ketipu agen.

Jangan coba-coba bekerja tanpa dokumen resmi  di Amerika.. Amerika itu pinter bro !!!..teroris aja ketangkap, apalagi kita orang biasa yang coba-coba pengen menjadi penjahat kecil      ( kerja ilegal )..

Sebagai makhluk Tuhan yang kecil, sebaiknya kita bersyukur sudah diberi pekerjaan bergaji bagus . kalau uang memang gak bakalan cukup kalau dikejar terus. Kasihan juga keluarga yang selalu mengkhawatirkan keselamatan kita saat  bekerja di negara lain tanpa jaminan keamanan dan kesehatan. Kalau bekerja di perusahaan kapal pesiar yang notabene itu adalah perusahaan bonafid, kita akan selalu terlindungi hak-hak nya.Dari urusan penggajian, tunjangan bonus dan kesehatan..semua sudah diurus perusahaan kapal pesiar. kalau kita bekerja ilegal..biasanya manis di awal dan kedepannya bakalan pahit.Sebetah-betahnya kita bekerja di negeri orang, pasti ada perasaan kangen dengan keluarga, orang tua atau bahkan sahabat sekampung kita sejak SD.Alangkah lebih baik jika kita bisa kontinyu pulang kampung setiap beberapa bulan menjenguk keluarga + orang-orang terdekat dan kembali lagi bekerja di luar negeri.Bekerja di darat luar negeri kebanyakan hanya bisa sekali saja dengan menyalahgunakan ijin visa.setelah 3-5 tahun pasti ingin pulang dan susah untuk kembali lagi bekerja ke luar negeri.

illegal-immigration-is-a-crime

Bekerja darat di luar negeri sangat tidak dianjurkan, mengingat banyak resiko yang kemungkinan akan terjadi. Daripada kenapa-napa malah susah urusannya, mendingan tetep aja bertahan bekerja di kapal pesiar. kontrak kerja 6-10 bulan dijalani aja. Asalkan kita tekun dan giat bekerja, pasti uangnya akan banyak juga.Anggaplah hasil kapal pesiar sebagai batu loncatan untuk berwirausaha ( cari modal ). Jangan mudah tergiur ajakan teman, agen kerja darat luar negeri. 99% dari mereka bisa dipastikan hanya iming-iming saja dan untung-untungan mencoba memberangkatkan tenaga kerja.

Yang paling simpel adalah dengan mengikuti anjuran pemerintah. Coba cek ,

Apakah agen rekruitment tenaga kerja tersebut terdaftar di kantor dinas tenaga kerja daerah setempat??

Jika tidak…maka dipastikan itu adalah agen bodong .Mungkin pernah memberangkatkan beberapa orang untuk bekerja darat luar negeri, tetapi kontinuitasnya perlu dipertanyakan.Jika dibandingkan dengan agen rekruitmen kapal pesiar kita-kita yang sudah belasan tahun memberangkatkan tenaga kerja, pasti terdaftar di kantor dinas tenaga kerja.

Artikel ini mengajarkan kita untuk bersyukur dan memelihara impian. Jangan terlalu muluk-muluk bermimpi.Pahami dulu potensi diri dan kelemahan kita. jangan mudah tergiur iklan atau ajakan teman.Jangan menggampangkan uang, Rejeki itu sudah diatur Tuhan Y.M.E. Tingkatkan dulu kualitas dan kapasitas diri kita (dengan bekerja giat, jujur, & tidak mudah mengeluh.jangan lupa memperdalam ilmu agama dan mengamalkannya ). Pasti Tuhan Y.M.E telah menyiapkan apa yang terbaik buat kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s