” RUMPUT TETANGGA LEBIH HIJAU “..Galau, pengen pindah perusahaan kapal pesiar

pelaut galau

Sebuah pertanyaan  tentang bagusnya pindah perusahaan kapal pesiar atau enggak,…pasti menimbulkan banyak pro-kontra diantara rekan-rekan temen curhat di crew cabin kapal pesiar tiap malam. Di satu sisi menyarankan untuk pindah , mungkin ada kesempatan karier + gaji yang bagus, dan suasana kerja baru..ada juga rekan yang menyarankan untuk bertahan di perusahaan kapal lama karena karier yang udah dijalani. Semakin lama diobrolin, malah semakin galau. Dibutuhkan keteguhan hati dan niat kesungguhan dari pelaut kapal pesiar untuk memutuskan pindah perusahaan. Perasaan ini pernah saya rasakan saat tahun 2010 ketika bingung mau pindah perusahaan kapal pesiar atau enggak.

Macam- macam alasan kru kapal pesiar pindah perusahaan :

  • Bete  karena ( merasa ) susah naik pangkat.
  • Bosan dengan tekanan kerja yang ( dirasa kok ) lebih berat daripada  perusahaan kapal pesiar lain.
  • seperti alasan saya : Mengejar impian lama ( dulu pengen mendaftar perusahaan kapal ” X ” ..tapi karena perusahaan tersebut sedang tidak ada penerimaan kru, makanya iseng mendaftar perusahaan ” Y “, ternyata malah keterima, akhirnya setelah beberapa tahun ingin kembali mendaftar perusahaan kapal pesiar yang diimpikan dulu )
  • ” Rumput tetangga lebih hijau “, ( merasa perusahaan kapal pesiar yang akan didaftar lebih baik dari perusahaan sebelumnya ).
  • Tergiur iming-iming teman yang sudah pindah perusahaan  kapal pesiar dan ternyata kehidupan dia sekarang lebih baik / lebih sukses.
  • Sudah terlanjur punya ” nama jelek ” / black list di perusahaan kapal pesiar sebelumnya . ( bisa karena difitnah atau memang kru tersebut berperangai jelek ).
  • ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………… (Jangan malu-malu bro.. ,  silahkan diisi sendiri  alasanmu diatas ..hehe… )

PELAUT

Sangat tidak mudah pindah perusahaan kapal pesiar.Secara tehnis sih gampang aja  : tinggal pulang kapal ( disembark ), dokumen jangan dibawa ( report )  ke agen lama, dan mendaftar agen baru lalu  mengikuti proses seleksinya dan moga-moga keterima , tapi tidak semudah itu. Jaman sekarang persaingan antar pendaftar agen kapal pesiar  sangat berat. Banyak yang berpengalaman kerja dari luar negeri dengan pemahaman bahasa asing lebih dari 2 bahasa. Belum juga persaingan antar  pendaftar yang  sama-sama punya pengalaman kapal pesiar. Setelah melewati proses interview dan seleksi pun, masih tetep dag-dig-dug menunggu telepon keputusan dari agen kapal yang bisa berminggu-minggu, atau malah tidak ditelepon sama sekali karena kita dinyatakan tidak memenuhi syarat. beberapa orang juga mencoba melamar lebih dari satu perusahan kapal pesiar, siapa tahu setidaknya ada yang menelpon untuk panggilan interview.

Perusahaan kapal pesiar juga sangat hati-hati memilih para pelamarnya terutama yang sudah  ” repeater “ ( istilah untuk orang yang sudah berpengalaman kerja di kapal pesiar ) .Bukan berarti orang yang sudah berpengalaman kapal pesiar itu baik dan layak diterima. Bisa juga dia ” bermasalah ” di perusahaan sebelumnya. Para ” repeater ” umumnya  sok Pede saat mendaftar perusahaan kapal pesiar mentang-mentang dia punya pengalaman.Biasanya perusahaan kapal pesiar yang bonafid melakukan cross check menelpon agen kapal pesiar sebelumnya yang menaungi pelamar tersebut untuk menanyakan tentang portfolio dia .

Jika memang rekan-rekan  sudah mantap ingin pindah perusahaan kapal pesiar,  jangan lupa disiapkan ” dana cadangan ” untuk biaya hidup di Indonesia selama masa menunggu diterimanya di perusahaan kapal baru. Masa-masa ini bisa dikatakan untung-untungan. Kalau beruntung baru pulang kapal 3 bulan bisa langsung berangkat kapal lagi di perusahan kapal yang baru. Beberapa pelaut kapal pesiar bernasib tragis, sudah berhenti dari perusahaan lama,..ehh  ..nglamar di perusahaan kapal lain hingga 1,5 tahun tidak ada panggilan. Menurut pengalaman beberapa senior yang sudah sering pindah-pindah perusahaan kapal pesiar, biasanya membutuhkan waktu rata-rata 6 bulan – 1 tahun untuk menganggur menunggu kepastian apakah diterima di perusahaan baru. Saya sempat menganggur selama 11 bulan dari terakhir pulang kapal MSC hingga bisa berangkat lagi ke kapal PRINCESS. Saya mencadangkan uang 40 juta pun habis untuk biaya hidup selama hampir setahun . Maklum, terbiasa gaya hidup kapal pesiar terkadang susah untuk menurunkan lifestyle kita ( pola makan , fashion, hobi otomotif , dll )  .Beruntung di saat uang sudah menipis, agen kapal Meranti Magsaysay yang menaungi kapal PRINCESS menelepon saya dan mengabarkan kabar baik.

dana cadangan

Intinya : kalau pindah perusahaan kapal pesiar itu gak semudah yang dibayangkan, jangan lupa siapkan juga ” dana cadangan “, karena kita tidak pernah tahu berapa lama kita di Indonesia. Buat rekan-rekan yang sudah berkeluarga tentu dipikir ulang mengenai ” dana  cadangan ” tersebut, mungkin bisa ditambah .  Sembari  menunggu jawaban dari agen kapal pesiar bisa juga kita sambil merintis wirausaha , siapa tahu malah sukses jadi pengusaha dan tidak perlu lagi kerja kapal pesiar.

JAYALAH SELALU , PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA..!!!!….

Advertisements

4 thoughts on “” RUMPUT TETANGGA LEBIH HIJAU “..Galau, pengen pindah perusahaan kapal pesiar

  1. semua tulisan anda membuat saya kembali sadar dengan apa yang telah saya capai selama ini, terus terang saya sudah mulai jenuh bekerja dikapal pesiar, padahal baru 4 tahun bkerja,tetapi setelah melihat tulisan2 mas Rizal membuka kembali semangat dulu yang pernah berkobar…
    Terima Kasih banyak mas….

    Masukan2nya sangat membantu sekali, terutama buat saya yang sebagai Pelaut juga di Carnival Cruise Line

    Liked by 1 person

    1. Terimakasih atas kunjungannya ke pelautkapalpesiar.wordpress.com..semoga mas Mirhan Ibrahim selalu bersemangat untuk berkarier di kapal pesiar.Nitip salam juga buat rekan2nya crew member di Carnival Cruise Line..JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!!

      Like

    1. Untuk menjadi pelaut kapal pesiar, sebaiknya menggunakan dokumen yang asli. mengenai bisa diterima di agen kapal yang lain setelah terblacklist dari agen sebelumnya, silahkan dicoba saja apply ke agen lain.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s