Motivasi Pelaut Muslim: Khatam Al-Qur’an Sembari Bekerja di Kapal Pesiar

al_quranku

Apa kabar rekan-rekan ?..bulan ramadhan  seminggu telah terlampaui apa masih kuat nih, puasanya ?… Pelaut kapal pesiar kayak kita-kita , pastinya adalah seseorang yang bermotivasi tinggi ingin merubah hidup. Bayangin, Kerja rodi 10 – 12 jam , tanpa libur, selama sekontrak 6 – 10 bulan di kapal pesiar waktu tidur sangat kurang, dan bekerja full tekanan sesuai ciri khas perusahaan maju yang selalu menganggap karyawannya adalah sebuah robot.Salut juga untuk beberapa pelaut muslim yang masih bertahan untuk tetap beribadah shalat dan istiqomah berpuasa ramadhan atau puasa sunnah  senin kamis. Apapun motivasi kalian guys..saya juga pernah merasakannya dan InsyaAllah kita selalu mendapatkan hidayah-NYA.

Menentukan target bagi pelaut selama kontrak adalah hal yang biasa dan wajib, agar semangat kerja kita selalu terbina. Target mau DP perumahan elit, mau beli tanah, DP mobil SUV terbaru  atau sekedar beli mobil mewah buatan Jerman bekas pakai 7 tahunan. Target bisa menghajikan orang tua, atau setidaknya meng umrohkan mereka pasti sudah pernah kita niatkan . Ada juga yang sekedar menargetkan naik pangkat / posisi setiap kontrak kapal  dan memanfaatkan tabungan sebaik mungkin. Bagi yang berhasil, ada perasaan bangga tersendiri sebagai sebuah prestasi hidup. Bagi rekan-rekan pelaut kapal pesiar yang belum berhasil, tetap semangat memelihara target dan do’a agar selalu termotivasi semangat kerjanya.

Berbicara mengenai cara mencegah pengaruh pergaulan buruk kapal pesiar dan efeknya terhadap kita, diperlukan pemahaman diri terhadap ilmu agama dan selalu mengamalkannya. Shalat , berdo’a, sedekah, dan tilawah Al-Qur’an. Beberapa rekan pelaut muslim, selain mereka punya motivasi duniawi , mereka juga menargetkan KHATAM AL-QUR’AN selama kontrak kapal pesiar. Subhanallah, ternyata masih ada tipe / perilaku  pelaut kapal pelaut kapal pesiar yang seperti  gini. Para pelaut kapal pesiar alim ini , kalau ditanya gimana caranya, InsyaAllah cukup mudah asalkan kita istiqomah kata mereka. Mari kita simak baik-baik gimana caranya..

al-qur'an

Untuk pelaut kapal pesiar dengan kontrak kapal 6 bulanan 

Jumlah halaman Al-Qur’an adalah 604 halaman. dengan estimasi kontrak 6 bulan  ( +/- 180 hari ) , setidaknya kita membaca 4 halaman per hari. Terasa berat ???…cukup 2 halaman selama sekitar 20 menit di pagi / siang dan malam sebelum tidur.

Untuk pelaut kapal pesiar dengan kontrak kerja yang lebih lama

kita bisa ” mengendurkan ” target harian halaman bacaannya. Boleh satu halaman perhari atau satu halaman pagi dan malam. Apakah cara ini berhasil ???…semua tergantung semangat kita bro..!!!, banyak kok pelaut kapal pesiar yang sudah membuktikan tips ini dan alhamdulillah bisa khatam Al-qur’an bahkan berkali-kali selama beberapa tahun dia bekerja di kapal pesiar. Coba kita renungkan, masak setiap habis kerja kita bengong aja melamun di cabin sambil nyetel musik / nonton film download-an bisa sampai 2 jam tak terasa, seharusnya kita bisa menyempatkan diri  5 menit untuk shalat, dan 20 menit untuk baca Al-Qur’an 2 halaman.Terkadang kita tidak sengaja buang waktu di cabin sehabis kerja ( apalagi yang sudah diatas 3 bulanan kontrak ) , tanpa disadari sudah 2 jam lebih waktu tidak berguna hanya untuk melamunkan hal yang tidak pasti .

daripada kebanyakan bengong / melamun di kapal pesiar yang malah akan mendatangkan godaan setan untuk berbuat dosa, Mari kita isi waktu jeda di kapal pesiar sebaik mungkin, sukur-sukur untuk memperdalam ilmu agama. Tilawah ( membaca ) Al-qur’an sangat bermanfaat bagi kita. Selain sebagai sumber segala jenis pengetahuan  , juga bisa menjadi benteng dari pengaruh buruk dan penenang jiwa bagi pembacanya.

Buat rekan-rekan pelaut kapal pesiar yang belum bisa membaca Al-Qur’an, setidaknya rekan-rekan download Youtube atau MP3 surat-surat Al-Qur’an. InsyaAllah dengan mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an atau  setidaknya sebagai pengantar tidur ( pakai handsfree di Hp ), akan membuka hati rekan-rekan untuk bekerja yang lebih baik  dan selalu menyempatkan beribadah kepada-NYA ditengah kesibukan kerja di kapal pesiar. Siapa tahu liburan akhir kontrak ini, insyaallah pastinya ada anggaran untuk les privat baca-tulis Al-Qur’an diasuh santri masjid terdekat. Malu..sebagai pelaut muslim bisa menganggarkan ratusan dollar U.S untuk beli pakaian branded , masak menganggarkan biaya untuk membayar guru ngaji gak bisa..

baca al-qur'an1

Semoga dengan membaca artikel ini, kita jadi lebih bersemangat hidup, bukan hanya motivasi kesempurnaan duniawi…, tapi juga kesempurnaan akhirat dengan cara beribadah mendekatkan diri kepada Allah S.W.T dimanapun kita berada..Amienn…

Advertisements

One thought on “Motivasi Pelaut Muslim: Khatam Al-Qur’an Sembari Bekerja di Kapal Pesiar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s