Cara Survive di Kapal Pesiar ( hidup tenang-kerja nyaman )

keep-calm-and-i-will-survive

Bosan dengan segala jenis tips dan trik tentang kesuksesan kerja kapal pesiar, mari kita mempelajari cara survive / ” bertahan hidup ” menjadi pelaut kapal pesiar. Memang enggak mudah menjalani kehidupan yang serba taat peraturan. Harus ini-harus itu, semua harus sesuai standard perusahaan, dan segala jenis batasan yang membuat kita ini seakan-akan bekerja seperti militer. Tekanan perusahaan yang super ketat, dan tingkat stress  yang tinggi pada kru kapal, membuat banyak perselisihan terjadi. Jika hal ini terjadi, terkadang suasana kerja jadi tidak enak dan membuat kita pengen cepat pulang ( finished contract ) atau malah request pulang …nahh…looh…!!!.Berikut ini tips ringan tapi mujarab, dikutip dari beberapa rekan senior pelaut kapal pesiar yang membuat mereka betah kerja kapal pesiar hingga belasan tahun.

  • Siapkan diri untuk sebuah jenis pekerjaan yang melelahkan

Kerja kapal pesiar jangan dipikir enaknya aja bisa jalan-jalan keliling Dunia . Kita ini adalah kuli dan kita di kapal pesiar bekerja 10-13 jam per hari, yang pastinya sangat melelahkan.

  • Belajar mengatur waktu tidur yang terpotong-potong

Demi kualitas kerja dan optimalisasi senyum dari kru  kepada penumpang kapal pesiar, sengaja perusahaan kapal pesiar mempekerjakan kru nya maksimal per 8 jam kerja ( kecuali shift malam ). Yang paling sering adalah kerja per 4 atau 6 jam, diselingi istirahat maksimal 2.5 jam dan harus kerja lagi . begitu seterusnya selama kontrak kapal 6 – 10 bulan. Waktu istirahat semaksimal mungkin digunakan untuk tidur agar bisa “nge-charge tenaga ” .

  • Usahakan berhenti atau mengurangi ROKOK , karena memang tidak ada untungnya

Membicarakan kalimat ROKOK sangat sensitif, yang masih senang merokok akan sangat susah kalau disuruh berhenti. Tapi percayalah , rokok  membuat tubuh kita lama-lama semakin lemah , paru-paru kotor dan membuat nafas semakin pendek. Efeknya kerja di kapal pesiar  jadi cepat lelah.

  • Melatih diri untuk  ekstra sabar

Kita bekerja dengan berbagai perbedaan suku/ ras/ agama, dan tingginya tingkat stress membuat rekan kerja bisa tiba-tiba kalap emosian gara-gara masalah sepele. Yang sabar aja , tetapkan dalam hati kalau ini adalah sementara aja kok . Rekan kerja dalam beberapa bulan cepat sekali silih berganti. Ada yang pulang ( disembark ) , ada yang datang ( join ) .Yang penting kita benar dan sopan, kalau ada yang seneng ngajak ribut, lama-kelamaan akan sungkan sendiri. Woless broo..!!

  • Belajar tidak boros meski punya penghasilan besar

Pekerjaan sebagai kru kapal pesiar itu hanya sementara . Berapapun rejekinya selalu disempatkan untuk menabung . Karena masa depan tidak pernah ada yang tahu . Sekarang tajir , 5 tahun lagi bangkrut bisa juga. Sudah banyak contohnya senior pelaut yang kurang pintar mengelola keuangan.

  • Be an Ordinary Person

Be an Ordinary Person, pesan ibu kepada saya saat mengawali karier kapal pesiar tahun 2008. Jadilah  orang  ” yang biasa ” aja…Jangan terlalu menonjol karena jika kita terlihat lebih hanya akan dicibir sesama kru. di kapal pesiar, isinya 95% kru yang saling mencibir, nge-gosip, dan gak seneng kalau ada rekan yang selangkah lebih maju. Meski kita punya potensi atau sedang mengejar karier,..tidak perlu ditunjuk-tunjukkan ke sesama rekan kapal pesiar . Diam tapi pasti..

  • Perdalam ilmu agama

Sebagai benteng segala pengaruh buruk pergaulan kapal pesiar, diperlukan adanya pemahaman ilmu agama yang dalam. Semua agama pastinya mengajarkan kebaikan dan tidak merusak diri . Pengaruh pergaulan yang tidak benar dari rekan kapal pesiar anggap saja karena dia ” telat nakal “…Maklum aja jaman kecil – remaja dia dulu dikekang Orang Tua dan saat sekarang bekerja di kapal pesiar malah  jadi “lepas kendali “..# pelautAlay..weeeekkkk…

  • Targetkan waktu kapan mau berhenti kerja kapal pesiar

Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab . Jangan tanyakan ke saya , karena saya juga tidak tahu bagaimana harus menjawabnya. kalau memang senang “ duit ” dan ” kehidupan laut ” memang susah..Yaach..setidaknya kita pasang target..,apakah menunggu rampungnya membangun kost-kost an 3 lantai,…atau menunggu hingga rekening tabungan semilyard ??..hehe…kapan bro ..kita berhenti kerja kapal pesiar ??…

  • Pelihara semangat kerja dengan impian dan cita-cita

Sudah saya bahas di berbagai artikel terdahulu…Saya yakin impian dan cita-cita rekan-rekan sangat mulia dan bermanfaat..Semoga Tuhan Y.M.E menilai  kerja keras kita sehingga mengabulkan semua do’a yang kita sebutkan yach.. . Amienn …

  • Tidak perlu mencampuri urusan orang lain, agar mereka tidak mencampuri urusan kita

Judul diatas adalah hukum sebab akibat . Kalau disuruh memilih, saya lebih senang menjadi orang yang “ pendiam ” di kapal pesiar..walaupun sebenarnya saya tipe orang yang senang ngobrol dan membantu rekan  ( curhat ) bila sedang dalam kesulitan. Males kebanyakan ngobrol takut salah ucap atau salah kasih saran, ntar malah dikira sok mencampuri urusan orang lain.

  • Bersosialisasi seperlunya saja

Masih berkaitan dengan judul sebelumnya .di kapal pesiar banyak kru ” bermuka dua ” , semuanya hanyalah topeng. Pura-pura baik sok menolong , padahal dibelakang kita dia menjelekkan seakan dia tahu semua kehidupan kita sejak dulu  padahal baru beberapa minggu kenal aja. Jangan terlalu jujur curhat keadaan pribadi ke teman,…di kapal pesiar omongan antar kru muter-muter…apa yang keluar dari mulut kita..pasti bocor juga dan akhirnya orang lain tahu.

Advertisements

2 thoughts on “Cara Survive di Kapal Pesiar ( hidup tenang-kerja nyaman )

  1. Blog ini sgt menyenangkan, menenangkan, dan menginspurasi. Saya baru akan join bsk di meinschiff 2. Sy ingin skli chatting langsung dgn mas rizal, berbagi cerita, kebetulan sy bnr2 berat mninggalkan indonesia, yg maba sy jg bersyukur bs naik kapal, sy bekerja di store utility.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s