Ketika Lelah Menunggu Kepastian dari Agen Kapal Pesiar

Menjadi kru kapal pesiar adalah impian dari banyak pencari kerja. Impian gaji belasan juta hingga 40an juta per bulan dengan mudah terbayang diantara mereka ( para pencari kerja yang gak sabar pengen cepet kaya ). Padahal untuk menjadi pelaut kapal pesiar itu tidaklah mudah. Bahkan sejak proses mendaftar sudah banyak persaingan. Panggilan interview dengan ratusan pelamar terkadang seakan untung-untungan ( durasi interview gak lebih dari 8 menit, dan bingung mau ngomong apa  ). Ketika semua persiapan  dan dokumen sudah siap untuk melamar kerja kapal pesiar, namun setelah aplikasi dikirim kok tidak ada telepon berdering dari agen kapal pesiar…wahh, sakitnya tuhh disini..

Impian punya mobil bagus, kredit perumahan elit, atau punya tanah banyak seakan menyesakkan otak. Belum lagi cibiran dari tetangga, keluarga ” calon istri ” yang membuat kita malah jadi  meradang dan emosian kalau ditanya…” kapan berangkat kapal mas ??…”  , ” dokumen sudah siap kah ..?…apa pasti bisa berangkat tuhh..“…, ” kok lama gak diberangkatkan, jangan-jangan agen kapal pesiarmu menipu “..dan berbagai pertanyaan bernada provokatif lainnya dari para kerabat yang gak seneng kalau kita sukses seakan  membuat diri kita semakin merasa down.

Masa tunggu keberangkatan kapal pesiar tuh macam-macam. Ada yang beruntung daftar, setelah 6 bulan bisa berangkat. Ada yang hingga 1.5 tahun belum juga dipanggil..masih tetap menunggu dan iseng nelp agen..ehh malah langsung diberangkatkan selang seminggu kemudian. Banyak cerita keluh kesah pengalaman pelaut kapal pesiar seperti ini. Dulu saya termasuk beruntung saat mendaftar agen kapal pesiar MSC, hanya butuh 6 bulan langsung berangkat. Setelah 3 tahun ingin berhenti kerja dan mencoba melamar  perusahaan kapal pesiar R.C.C.L, sudah interview dan dipastikan lolos..di R.C.C.L ehh, ditunggu hingga 9 bulan malah gak ada kabar ( mungkin bukan jodoh saya kerja disana )…di saat galau iseng daftar kapal PRINCESS, ehh malah langsung keterima dan setelah 2 bulan menunggu sambil validasi dokumen , alhamdulillah  bisa  berangkat kerja di kapal pesiar lagi. Sekarang kita semua tahu masbroo…, bahwa untuk bisa bekerja di kapal pesiar itu …

….need more than just a luck….

Yaa benar sekali…butuh lebih dari sekedar keberuntungan bro..!!!, meski kita berpengalaman banyak ( kerja hotel di Indonesia maupun luar negeri ) , bisa 2 hingga 4 bahasa asing lain pun, kalau memang belum jodohnya kerja kapal pesiar yaa harap maklum..Perbanyak do’a dan taubat kepada Tuhan, semoga segera diberi jalan rejeki yang bagus. Untuk rekan-rekan pembaca yang budiman disitu..jangan putus asa yach..semangat terus. rejeki kan gak cuma dari KAPAL PESIAR aja..’tul gak bro..!!! Cobalah lakukan Tips ringan dari saya ini..Semoga bermanfaat…

  • Tetap melakoni pekerjaan lama

i quit

Jangan buru-buru resign kalau masih dalam tahap waiting list agen kapal pesiar.Jalani aja kehidupan biasanya . Bekerja dengan gaji standard UMR atau kontrak .Jika masih bekerja di hotel , gak ada salahnya dipertahankan dulu hingga hari-hari terakhir menjelang keberangkatan kerja  kapal pesiar.

  • Sesering mungkin browsing tentang kapal pesiar

browsing

Sambil nge-refresh otak dan memelihara semangat , Daripada suntuk mikirin yang belum pasti, sambil googling  bebas aja tentang kapal pesiar gih..mungkin ada info terbaru, regulasi pelaut terbaru, atau cari lowongan kapal pesiar lainnya.

  • Melamar kerja kapal pesiar yang lain

Businessman Passing Envelope Under Office Door

Gak ada salahnya melamar agen kapal pesiar lain. Siapa tahu mereka membutuhkan kru secara besar-besaran dan secepat-cepatnya ( mendadak )  seperti saat momen : ada penambahan kapal baru, liburan lebaran / natal / galungan  / tahun baru yang biasanya jarang ada kru bersedia diberangkatkan.. Agen kapal pesiar akan menawarkan kesempatan ke pendaftar yang baru aja diterima asal mau berangkat mendekati hari raya .

  • Perbanyak teman pelaut kapal pesiar

facebook

iseng aja search di facebook, tulis perusahaan kapal pesiar..dan akan mucul beberapa nama akun facebook yang bekerja di perusahaan kapal pesiar tersebut. Siapa tahu bisa di-add dan jadi teman bisa memberi info tentang perusahaan ata pekerjaan yang akan dikerjakan.

  • Cari dan baca Blog pelaut kapal pesiar  ( siapa tahu dapat tambahan ilmu )

GNR3

Banyak macam dan temanya, mulai dari blog pelaut kapal pesiar yang alay asal buat, blog yang ngasih informasi sampah hanya mendulang adsense, blog curhatan pelaut kapal pesiar , dll…atau sebuah blog pelaut kapal pesiar yang fokus membahas seluk beluk menjadi pelaut kapal pesiar yang sukses dan berbagai tips nya seperti Blog informatif yang sedang rekan-rekan baca ini…hehe…

  • Perbanyak do’a , sedekah , dan taubat kepada Tuhan Y.M.E

prayer

Kenapa do’a kita seakan tidak berhasil?…mungkin karena kita terlalu banyak dosa dan kurang mengasihi fakir miskin / menyumbang tempat ibadah . Yach..semuanya serba berkaitan…Silahkan direnungi apa yang saya tuliskan ini  dan jalankan. Pasti berhasil..lancar , cepat dipekerjakan di kapal pesiar…Amien…

  • Mencoba berwiraswasta

enterpreneur

Siapa tahu berhasil jadi pengusaha, malah gak perlu capek-capek jadi pelaut kapal pesiar kan…Nyatanya orang terkaya  di negeri ini adalah seorang pengusaha ..bukanlah seorang pelaut..Bingung mau wirausaha apa yang cepat profit , cara, dan bagaimana modalnya ?…silahkan tanyakan mbah GOOGLE…jaman sekarang informasi begitu banyak dan gratis..terkadang kitanya aja yang males bergerak dan kurang berpikir ” maju “..buruan gih..!!!

  • Gak ada salahnya melamar ke agen KAPAL KARGO

kapal kargo

Impian meleset dikit gak papa lahh…Banyak yang bilang , kapal kargo tidak terlalu rumit pendaftarannya dan kehidupan disana tidak terlalu stress, secara tekanan pekerjaan tidak banyak. Jika memang mentok susah diterima di kapal pesiar dengan berbagai kendala dan kelemahan diri , tidak ada salahnya mendaftar kerja di  kapal kargo . Masalah gaji ada yang besar –  atau kecil tergantung posisinya. Asalkan  kitanya bisa menabung, pasti kekayaan itu akan segera diraih.

Inti dari artikel ini adalah agar kita jangan mudah putus asa oleh apapun. pastinya Tuhan punya rencana yang jauh lebih bagus dari rencana kita. jalani aja kehidupan, positif thinking , tingkatkan kapasitas diri , dan selalu menambah ilmu untuk masa depan yang lebih baik.

Percayalah, …Semuanya akan begitu indah pada waktunya…

Advertisements

3 thoughts on “Ketika Lelah Menunggu Kepastian dari Agen Kapal Pesiar

  1. Wah terimakasih banget nih. Memotivasi saya sekali. Secara saya udah 13 bulan tapi job letter saya belum turun2. Nice article! 👍

    Like

  2. Wah artikel nya bagus banget mas. Oya oot neh, q mau tnya, lebih baik kita apply lwt agen yg pake charge puluhan juta atau apply langsung di perusahaan?

    Like

    1. Kalau pede apply langsung ke perusahaan kenapa enggak dicoba?, biasanya minim biaya daripada apply lewat agen. Beberapa rekan pernah mencoba dan berhasil. Biasanya interview by skype

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s