Aplikasi Kredit Mobil : Pelaut Kapal Pesiar

kredit mobil

Banyak anggapan, kesuksesan seorang pelaut kapal pesiar dinilai dari mobil apa yang dimilikinya…Artikel ini sudah direquest lebih dari 20 email pembaca setia pelautkapalpesiar.wordpress.com . Makasih pertanyaannya masbro / mbaksist , sudah sejak 2 bulan lalu admin ingin menampilkan artikel ini, namun karena ketikan  belum lengkap dan masih moment menjelang bulan ramadhan ( lebih diutamakan posting bertema pelaut kapal pesiar Islami ), maka baru sekaranglah bisa dibaca rekan-rekan dan silahkan dicermati sebagai inspirasi.

Ngobrol tentang mobil impian  ?…Pastilah terbayang di rekan-rekan pelaut kapal pesiar  apa mobil yang akan dibeli nanti saat sukses menjadi pelaut kapal pesiar. Bahkan sejak baru mendaftar agen kapal pun sudah membayangkan cita-cita mobil impian . ( pengalaman pribadi ..).Membeli mobil sih gampang, tinggal bawa uang cash mengunjungi dealer mobil baru atau bekas…dan dalam sekejap kunci mobil sudah ditangan untuk segera dikendarai pulang. Yang agak ribet adalah  jika anggaran kita ( hasil gaji kapal pesiar ) kurang mencukupi untuk bisa untuk membeli mobil impian secara cash.

Rata-rata pelaut kapal pesiar yang bisa berhemat dan bekerja keras di kapal ( menabung dan mencari ” bisnisan ” ), bisa membawa uang hasil kerja kapal sekitar 50 juta – 130 juta per kontrak. Uang itu bisa aja terpotong untuk biaya keluarga , orang tua , hutang terdahulu ke saudara / teman , dll..Nahh, trus sisa berapa anggaran buat beli mobil ?..malu dong pulang kerja kapal pesiar gak bisa beli mobil…hehe…

car loan

Terserah mau beli mobil baru atau bekas, sesuai selera rekan-rekan. Ketika anggaran terbatas dan solusinya harus kredit , mungkin masbro & mbaksist boleh  mencoba beberapa tips dari saya  ( pengalaman pribadi nih..)

  1. Pilih mobil impian , tentukan sejak dini ,  cari referensi di google ..” kelebihan dan kelemahan mobil …….. ” , ” tips memilih mobil bekas …… “ , dll. Hal ini perlu dilakukan sebelum pulang kapal agar menghemat waktu nantinya tidak plin-plan dan galau saat di Indonesia bawa uang , lihat-lihat mobil di showroom malah bingung mau beli yang mana ?…
  2. Untuk mencegah bolak – balik ke kantor agen  , setelah mendarat di Indonesia ada baiknya segera ke Agen kapal pesiar ( sekalian report dokumen , jangan dulu pulang ke daerah  masing-masing ) ..untuk meminta Surat Keterangan Kerja dari agen kapal pesiar kita yang menerangkan kita kerja di mana, gaji berapa , grade , masa kerja berapa lama. Surat Keterangan Kerja sangat diperlukan perusahaan  pembiayaan  ( leasing )  untuk melengkapi data diri kita sebagai nasabah kredit.Bilang saja SKK untuk aplikasi kredit mobil.
  3. Sebelum memutuskan membeli mobil, ada baiknya memasukkan aplikasi kredit dulu ke perusahaan leasing. jika membeli mobil baru bisa diurus dealer . jika membeli mobil bekasi di showroom , juga akan diuruskan mereka. Namun jika ingin hunting sendiri mobil bekas, jangan lupa ke kantor leasing dulu..sambil nanya-nanya  % rate bunga pinjamannya, asuransi , dll..setelah aplikasi diurus oleh seorang sales kredit, silahkan berburu mobil impian..jika sudah dapat, jangan lupa sampaikan ke pemilik mobil sebelumnya bahwa pembayaran akan diurus pihak leasing tertentu. Setelah itu , semua proses ( cek keabsahan mobil, dokumentasi, dll akan diurus sales leasing )
  4. Usahakan cari leasing yang bonafid / skala nasional. Karena kalo leasing  kelas lokal biasanya tidak menyetujui pelaut untuk kredit. Perusahaan leasing bonafid punya % rate bunga pinjaman yang rendah dan rasional. ( bukannya iklan : saya dari dulu selalu kredit di perusahaan leasing ACC milik perusahaan ASTRA,…mereka menerima pelaut sebagai nasabah kredit, dan bunga pinjamannya  rendah ).
  5. Biaya  ( DP ) uang muka mobil adalah 35 – 40 % dari harga. Pertimbangkan dana buat cicilan perbulannya. Cicilan perbulan yang rasional adalah 30% dari gaji. Lebih bijaksana jika memilih tenor ( lama pinjaman ) jangan terlalu lama  ( pilih kredit 2 tahun ).
  6. Jangan habiskan semua uang hasil kerja kapal pesiar untuk DP mobil  , alokasikan juga dana untuk keluarga , biaya cicilan 2 atau 3 bulan kedepan selama cuti kapal pesiar, biaya lain-lain dan biaya keberangkatan kapal pesiar selanjutnya.
  7. Penting : Untuk pelaut kapal pesiar yang belum menikah, bisa menggunakan atas nama kredit Orang Tua, untuk yang sudah menikah bisa menggunakan atas nama suami / istri. Alangkah lebih baik jika mempunyai bisnis sampingan di rumah ( agar persetujuan kredit lebih mudah ). Meski hanya onlen shop namun dengan laporan keuangan yang riil . atau jika punya bisnis sampingan beneran , sekalian diuruskan perijinannya minimal dari kantor kecamatan .

gnr4

Apa sih mobil yang cocok untuk pelaut kapal pesiar ?…semuanya terserah rekan-rekan…selera tidak bisa diatur kan…asalkan sesuai jiwa dan style anda. Umumnya pelaut kapal pesiar senang dengan mobil ber-genre ” mewah ” ,”  gagah ” , atau ”  sedang ngetrend ” . Bahkan  demi bisa membeli mobil seharga diluar budget , kita rela harus kredit. Dari dulu pertama kali saya punya mobil dari hasil kerja kapal pesiar , rela harus kredit demi punya mobil impian, dan  itupun  mampunya hanya membeli mobil bekas..Ngirit keuangan selama kontrak kerja di kapal pesiar agar bisa membayar cicilan bulanan. Alhamdulillah gonta-ganti mobil dari tahun ke tahun, saya bisa menaikkan ” level ” mobil , meski belinya bekas dan itupun masih secara kredit. gak papa….Sebagai semangat hidup, sebagai semangat kerja agar bisa berprestasi di kapal pesiar dan segera naik pangkat / naik gaji..

Rekan-rekan pelaut kapal pesiar yang punya pengalaman kredit mobil , bisa share juga di kolom komentar di bawah ini..Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya..Amien…

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s