Department Transfer on Board : Berganti Pekerjaan di Kapal Pesiar

career

Apa kabar guys ??…Masih betah pada jenis pekerjaannya di kapal pesiar ?…Saya yakin, secara gaji jika di kurs kan ke rupiah, rekan-rekan merasa betah dengan gaji melimpah. Tapi apakah rekan-rekan nyaman, melakoni pekerjaan kasar ini sebagai pelayan ?..Yaaa, sebagai seorang   KULI BERDASI ” …apa gak capek ?….apa gak sayang kesehatan badan ?…

Ini bukanlah  cerita tentang naik pangkat yang sama  departmentnya…tapi pindah department alias berganti pekerjaan di kapal pesiar ,..kadang kru kapal pesiar  tidak nyaman dengan  pekerjaan sebelumnya karena tidak  sesuai dengan  hati nurani. Seperti beberapa tahun terakhir ini banyak pelaut kapal pesiar ( seperti saya ) yang sebenarnya adalah seorang sarjana lulusan S1 Universitas terkenal dengan bidang studi bonafid.  Bagaimana lagi, jika mencari pekerjaan normal di Indonesia sangat susah dan penuh persaingan ( Kolusi , Nepotisme )….Makanya jaman sekarang banyak sarjana banting stir ke kapal pesiar meski hanya bekerja memulai sebagai dishwasher .  Nyaman gak nyaman harus dijalani ,…Dengan gaji kalau di kurs rata-rata 6 juta an, tetap jauh lebih baik daripada bekerja normal di Indonesia sebagai fresh graduate worker yang digaji maksimal 2,5 juta. Ada juga kru kapal pesiar yang merasa  lebih nyaman bekerja sesuai bakat di bidangnya ( musik, fotografi  ). Beberapa juga  pengen terlihat  lebih bergengsi tidak ingin disebut ” KULI BERDASI “ seperti menjadi seorang shop attendant ( penjaga toko di kapal pesiar). Sebenarnya ada beberapa jenis pekerjaan di kapal pesiar yang gak terlalu capek dan lowongan itu bisa diisi oleh kru dari Indonesia  seperti : Musisi, Fotografer, electrician ( tukang listrik) , carpenter/ painter ( tukang kayu ) , dll. Daripada gedebag-gedebug capek mendingan memilih jenis pekerjaan seperti yang saya sebutkan barusan. Masalah gaji cuman beda dikit, pastinya gak dapat tips dari tamu , TAPI kerjanya gak terlalu capek dan minim stress .

Agen  kapal pesiar yang menaungi kita  kita belum begitu  ” kuat ”  ..sehingga bisanya hanya memberangkatkan kru pada posisi ” pekerjaan kasar “..klo mau pindah / lowongan posisi lain  , lebih baik diatas kapal .Setahu saya hanya di  beberapa perusahaan kapal pesiar dibawah naungan ” CARNIVAL COMPANY  ” yang mempunyai program department transfer. Tentunya kita harus melamar lagi  dan melakukan proses panggilan wawancara di kantor HRD di atas kapal. dan juga beberapa syarat lain diantaranya minimal sudah bekerja 2 tahun, berperilaku baik, dan mempunyai skor / rating  pekerjaan bagus pada penilaian dari atasan.

Tahun 2010 saya sempat ingin jadi staff reception  di MSC Cruises  tp saat itu terkendala kewarganegaraan, ( mereka menganggap kru dari Indonesia belum pantas bekerja di bidang front office  meski saya bisa fasih berbahasa Inggris dan Itali + paham beberapa bahasa lain. “Perché non siete italiani ” ( karena kowe bukan wong itali !!!  ) …begitu kata seorang senior officer ketika saya mencoba menanyakan kemungkinan saya bisa melamar kerja untuk menjadi staff reception.

reception

Lalu tahun 2013 kemaren, saya sempat juga di PRINCESS Cruise mencoba  melamar sebagai staff reception ( front office ) kebetulan pas ada lowongan.Tapi pada saat interview akhir ditawarkan jika diterima  harus memulai dari staff front office pada  posisi terendah dengan gaji $ 1200. Wahh, terusterang malah jadi galau bro/ sist..gaji saya sekarang aja belum cukup  dan itupun agak mepet karena bayar banyak cicilan di Bank.Hehe…bukannya sombong, tapi memang kebetulan saya utange uokehh tenann dab !! di Bank…Akhirnya saya urungkan niat untuk berganti pekerjaan . Sebagai manusia normal, masa’ mau berganti jenis pekerjaan tapi gajinya lebih kecil dari pekerjaan sebelumnya. Department transfer hanya akan selalu menjadi angan-angan saya. Di usia sekarang mau ngak mau harus berpikir .…duit…duit…duit..  Nabung gaji kapal pesiar untuk tambahan modal usaha di indonesia.

candy shop

Banyak cerita sukses ( nyaman ) rekan-rekan kapal pesiar yang sudah berganti pekerjaan di kapal pesiar. dari seorang dish washer ada yang menjadi musisi di kapal , D. J  , penjaga toko coklat / permen , berpindah kerja menjadi seorang welder ( tukang las di kapal  ) karena dia  memang punya ijazah STM, dll. Apapun itu asalkan nyaman bekerja sesuai minat dan bakat…pasti bikin betah bekerja di kapal, tidak stress, dan banyak waktu luang bisa untuk beribadah / memperdalam ilmu agama.

Buat rekan-rekan pelaut jangan patah arang, kalau memang ingin mencoba berpindah /  transfer pekerjaan dan kira-kira pengalaman cukup, gak ada salahnya mencoba melamar atau setidaknya menghubungi head department pekerjaan tersebut untuk menanyakan kemungkinannya.

Buat adik-adik calon pelaut kapal pesiar, perbanyak pengalaman kerja dan terutama bahasa asing lainnya, mungkin suatu saat bisa dimanfaatkan ilmu / pengalamannya untuk melamar pekerjaan baru di kapal pesiar.

GOOD LUCK  !!!

Advertisements

One thought on “Department Transfer on Board : Berganti Pekerjaan di Kapal Pesiar

  1. Aturan di Princess cruises minimal 2 kontrak untuk bisa pindah dept. Tapi ada beberapa kasus yg di kontrak pertama sudah dapet rekomendasi untuk itu. Dulu saya join sbg galley cleaner, di bulan ke 8 saya dapat tawaran untuk posisi yang gajinya 3x lipat dari posisi awal saya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s