kapan waktu yang tepat untuk berhenti bekerja dari kapal pesiar ?

quit job

Kalau ada yang menanyakan, kapan mau berhenti bekerja di kapal pesiar ,…waah,..puyeng jawabnya. Secara sudah terbiasa pegang uang banyak, terbiasa dengan jenis pekerjaan di kapal ( sehingga gak merasa ada kesulitan kerja ), terbiasa dengan pola kerja di luar negeri yang sistematis dan terorganisir dengan baik, dll. Yahh, gimana lagi mumpung badan masih FIT diajak bekerja, semaksimal mungkin menabung buat masa depan. meski kita semua tahu, bekerja kapal pesiar ada batasan capeknya. Mau yang rajin nabung + investasi , atau yang rajin berjudi / miras / freesex , dll..pasti ada saatnya ingin berhenti bekerja kapal pesiar. Pertanyaannya adalah :

kapan waktu yang tepat untuk berhenti bekerja dari kapal pesiar ?

Disini aku merasa bingung …hehe..Pengennya ya punya uang banyak , duit dateng sendiri, gak perlu kerja banting tulang di kapal pesiar. Tapi kalau memang jalan hidupnya seperti ini, masa’ harus ditolak. Masih mending dikasih rejeki ” diatas cukup ” dari Tuhan Y.M.E.Saya banyak ngobrol dengan berbagai pelaut dari semua jenis latar belakang pendidikan dan tingkat ekonomi keluarga dia ( sebelum bekerja di kapal pesiar ).Dari semua jenis opini  para rekan-rekan pelaut kapal pesiar , bisa kita rangkum sebuah patokan yang sebenarnya tidak susah untuk dicapai setidaknya 6 tahun bekerja di kapal pesiar dengan gaya hidup tidak boros.

” minimal punya 1  rumah,  1 mobil bekas , dan setidaknya ada 1 bisnis di rumah yang telah berjalan + tabungan bebas ( deposito ) minimal  100 juta. Usia jangan melebihi 35 tahun, agar masih bisa melamar pekerjaan biasa di Indonesia  dengan gaji normal ” .

Memang target seorang kru kapal pesiar beda-beda, ada yang sekedar mencari pengalaman hidup bisa bekerja di luar negeri, ada juga yang begitu menseriusi pekerjaan kapal pesiar karena merasa pekerjaan ini adalah satu-satunya pekerjaan yang dapat menghasilkan uang dengan cepat. kalau masih senang bekerja di kapal pesiar ( seperti saya ), yaa silahkan aja diteruskan. Target diatas tidaklah  mutlak, karena kadang hasil belum tercapai sudah harus mengakhiri karier kapal pesiar karena tuntutan keluarga ( pasangan tidak ingin ditinggal , ingin mengasuh anak, tawaran pekerjaan / bisnis menarik di Indonesia, dll )  .

OPTIMIS

Setelah kita berhenti bekerja dari kapal pesiar, apa yang harus dilakukan ?…tentunya bukan berpangku tangan menghamburkan uang tabungan. Disinilah realita kehidupan sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Cari kerja lagi,…atau berbisnis ?…Segera melamar jenis pekerjaan baru, bisa di hotel sesuai pengalaman kapal pesiar atau tempat kerja lain sesuai ijazah / pengalaman kerja sebelum kerja kapal pesiar. Jangan mempercayakan tabungan / modal kepada siapapun, takut kalau ditipu ( banyak cerita pelaut tertipu, bahkan oleh saudara kandung sekalipun ). miris broo / sist, ….kita jangan sampai bernasib seperti ini.

AKU SUKSES

Sembari melakoni ” pekerjaan normal bergaji UMR ” , Eks pelaut  kapal pesiar tidak perlu malu membuka bisnis katagori ” biasa ” ( warung pulsa HP / listrik , warung kelontong, dagang air galon / tabung gas,dll ) . Yang penting bisnisnya realistis dengan laporan keuangan yang jelas ( suatu saat kepepet butuh modal harus kembali ke kapal pesiar..bisa menggunakan bisnis / usaha nya sebagai perlengkapan syarat pinjaman ke bank ). Jika kepepet banget harus berkarier luar negeri lagi ( bisnis bangkrut, butuh modal anak sekolah / kuliah ) tapi usia sudah diatas 45 tahun, kemungkinan paling realistis tapi tetap menghasilkan uang bagus adalah bekerja di kapal kargo .

Inilah realita pekerjaan kapal pesiar. tumpukan uang hasil bekerja di kapal pesiar di masa muda, tidak menjamin kehidupan menyenangkan di masa tua. Perencanaan matang tentang keuangan perlu dipikirkan pelaut kapal pesiar semenjak dini, jangan terlena dengan gaji menawan, kalau tidak ditabung / dikelola dengan baik..akhirnya juga akan habis tak berbekas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s