TITANIC Museum , Belfast – Irlandia

Guys.., kebayang gak sih rasanya…dulu gara-gara nonton film TITANIC, trus pengen bekerja sebagai pelayan di kapal pesiar, dan ketika menjalani cruise Scandinavia mengunjungi kota Belfast di Irlandia…ehh,…nemu sebuah Museum yang worth  banget untuk dikunjungi.

titanic museum

inilah museum yang mengupas tentang tragedi kapal pesiar TITANIC dari berbagai sisi. Sebenarnya Museum bertema TITANIC  ada 3 di Dunia. Ada di daerah Cobh – Irlandia, Branson / Missouri – Amerika & yang paling besar plus high tech dan terbaru adanya di kota Belfast – Irlandia . Ketiga museum ini  tidak saling terkait. Secara historis, pastilah yang paling keren yaa Museum yang di Belfast lahh….secara itu adalah pabrik galangan kapal tempat pembuatan kapal TITANIC.

Titanic-Belfast

Tahun 2012 saat di PRINCESS Cruise, saya berkesempatan mengunjungi Museum tersebut. Kebetulan kapal tempat saya bekerja” M/V  Carribean Princess ” mengadakan free tour khusus untuk beberapa crew yang beruntung. Gratis tapi harus cepet – cepetan mendaftar di kantor HRD. Kebetulan saya mendapatkan info sejak awal dan langsung mendaftar. Letak TITANIC Museum tidak jauh jika dijangkau dari pelabuhan kapal pesiar. Kalau naik taksi pun gak lebih dari 12 Poundsterling bayarnya.

tiket masuk

Singkat cerita pagi itu sengaja saya request libur sejak beberapa hari sebelumnya. Demi  memahami momennya ( ciiie…ciiie… ) , sengaja saya malam sebelumnya , menyetel DVD TITANIC di kamar..hehe…Jam 8 teng semua kru yang akan ikut ke Museum harus sudah siap di depan dermaga. Total ada 42 kru yang beruntung dari berbagai negara. Hanya dibutuhkan 10 menit naik bus menuju Museum tersebut.

Museum TITANIC sangatlah unik dan high tech dengan struktur bertingkat 8 lantai. . di pintu masuk dengan desain modern minimalis dan beberapa ticket box. Lantai 1  bertemakan sejarah kota Belfast dan kaitannya dengan pesatnya industri perkapalan di kota tersebut. disinilah keunikannya di lantai 2 kita langsung disambut dan dipandu staff untuk menaiki sebuah kendaraan ( mirip roller coaster ) namun berjalan pelan- pelan. Setelah kapasitas penuh, kendaraan tadi langsung perlahan naik menuju lantai 8 dan menuruni mengelilingi dinding pelan-pelan menuju bawah. Tentu tujuannya agar pengunjung tidak capek berjalan di Museum yang sangat luas tersebut.

museum vehicle

museum ride

Di dalam Museum banyak terpajang Foto, rekaman Video TITANIC mulai dari pembuatan hingga inaugural nya ( launching ). Dari atas tinggal duduk manis menaiki ” roller coaster ” pelan tersebut dan kita akan bisa memahami sejarah TITANIC. Finish di lantai 4, kita bisa melihat beberapa benda benda yang berhasil diangkat dari dasar laut saat ekspedisi TITANIC. terlihat alat pecah belah dan silverware ( alat makan ) yang digunakan di restoran mewah didalam kapal TITANIC. Uniknya lagi setiap stand display, selalu dilengkapi dengan foto – foto, video tentang kegunaan dan posisi benda yang dipamerkan tersebut di kapal TITANIC. Ada juga diorama bentuk asli kamar untuk penumpang TITANIC dari berbagai kelas.  Ada juga diorama berbentuk asli suasana engine room  / para pekerja yang sedang mengisi batu bara ke mesin TITANIC.ke Lantai 3 membahas tentang berbagai fakta dan mitos yang beredar di masyarakat luas tentang kecelakaan kapal TITANIC.  Termasuk juga perkembangan  observasinya. Ada juga pembahasan  tentang berbagai versi film tentang TITANIC. yang paling keren dan masuk akal jalan ceritanya pastilah film TITANIC terakhir ( 2006 ) yang diperankan mas Leonardo di Caprio dan mbak Kate Winslet . Berikut beberapa foto yang setidaknya bisa menggambarkan situasi di dalam museum …..check this out !!!

3D ship tour  passenger V.I.P cabin diorama

tea time area middle class cabin diorama

TITANIC of Liverpool lifeboat titanic dining room set menu

TITANIC wreck  diningware

Yang paling tidak bisa dilewatkan adalah toko suvenir yang asli dan authorized di dalam Museum ini. Jangan dipikir harga mata uang Poundsterling mahal. Beli aja daripada nyesel tidak bisa mengulangi untuk mengunjungi Museum ini di lain waktu . Barangkali rekan – rekan tertarik ingin mengunjungi ?..silahkan request ke agen kapal rekan -rekan untuk join ke kapal yang melewati jalur Scandinavia.

titanic museum ireland1

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s