Kualitas Tamu Kapal Pesiar Jaman Sekarang

cruise ship

Apa sih , di benak kita saat dulu tertarik ingin melamar kerja sebagai kru di kapal pesiar ?. Berharap dapat tips ratusan dollar dari tamu setiap minggu  , berharap dapat jodoh anak orang kaya dari negara lain yang sedang berwisata di kapal pesiar tempat kita bekerja , berharap dapat tamu pasangan kakek – nenek orang kaya yang akhirnya iba dengan kita dan bermaksud menjadikan kita ” anak angkat ” dan kita  dimodalin untuk berwiraswasta di Indonesia…in the end guys ,…semua itu cuman bull shit !!!  …

passenger

Memang ada crew member yang beruntung seperti cerita diatas atau bahkan lebih hiperbolik lagi ceritanya dan itupun  nyata..Tapi 1 : 1000 crew lahh perbandingannya..Asal tau aja guys..kualitas tamu kapal pesiar jaman sekarang sudah jauh menurun daripada era tahun 2000 atau sebelumnya. Dimana , kapal pesiar dianggap begitu mewah dan memang bertarif mahal. “ Kualitas ” disini yang saya maksud adalah kualitas tamu tersebut dalam memberikan Tips dan kualitas tamu / perilaku mereka di kapal pesiar. Bukannya sok menilai, kadang males juga melihat tamu berperilaku urakan, tidak punya manner bagus di restoran , gemar / sengaja mengacak – acak kamar sekedar membuat pelayan kapal pesiar seperti kita – kita lebih repot melayani mereka. Inilah kualitas tamu kapal pesiar jaman sekarang pada umumnya yang bahkan sebagian dari mereka tidak punya baju formal ( jas / tuxedo dan gaun ) pada saat gala dinner dengan alasan gak bawa . Padahal yang namanya baju formal bagi bule sudah merupakan budaya kayak di Indonesia punya pakaian batik  untuk couple.

formal-dinner

cheap ticket

Semenjak tahun 2006 , semua perusahaan kapal pesiar berlomba – lomba membuat kapal terbaru dan terbesar. Kapasitas tamu 3500 jiwa adalah hal lumrah bagi sebuah kapal pesiar . lalu .. darimana perusahaan kapal pesiar mendapat keuntungan? …Alhasil tekanan perusahaan kepada tim pemasaran / travel agent begitu besar, sehingga untuk memenuhi kuota penumpang…perang harga tiket murah – murahan pun terjadi. Dengan harga $ 600 hingga $ 1000, bahkan harga promo $ 300an  untuk membayar biaya pelesir se cruise  bersama kapal pesiar cukup murah bagi para bule yang berpenghasilan UMR di negara mereka sekitar $ 2500 perbulan / per orang. Hal ini diperparah dengan semakin mudahnya sistem pembayaran menggunakan kartu kredit, sehingga ada istilah yang berkembang diantara para tamu kapal pesiar jaman sekarang  :

……” Cruising now,….Pay later “……

Nge_cruise dulu , bayar belakangan …tentunya dengan sistem nyicil kartu kredit. Makanya jaman sekarang banyak tamu kapal pesiar kualitas rendah. Jangan heran jika rekan – rekan pekerja dining room atau pekerja House keeping sering makan hati jika pada akhir cruise cuman dapat tips uang receh. Yahh,…untuk sekedar beli kartu telepon bisa nelpon keluarga di indonesia lahh….tapi kalau keseringan dapat tips dollar kecil kayak gini lama – lama kita stress juga bro / sist . belum lagi perilaku para tamu kapal pesiar yang cenderung / dengan sengaja membuat repot pekerjaan kita. karena mereka itu tidak punya manner ( sopan santun ), karena mereka adalah kaum ” kelas rendah ” seperti kita jaman  dulu. kalau udah parah kayak gini ..

...piye jal perasaanmu mas / mbak ??..

Buat rekan – rekan yang udah lama di kapal pesiar pasti menyadari fenomena ini…Buat adik – adik calon pelaut kapal pesiar jangan kaget kalau nanti menemukan sebagian besar penumpang kapal pesiar seperti yang diceritakan di artikel  ini kualitasnya. Tak heran jika sebagian pelaut kapal pesiar jaman sekarang mencoba peruntungan lain mencari tambahan keuangan di kapal. Baca artikel saya : Berbagai Cara mendapatkan  Income  Tambahan Pelaut Kapal Pesiar.

money management

Masbro & mbaksist pada cool down yaak,….sebagai pelaut kapal pesiar jaman sekarang lebih baik berpikir yang logis & rasional saja. kalau memang tidak dapat uang tips yaa gak usah disesali, gak usah mencak – mencak mengumpat dibelakang tamu menyebut nama semua hewan ( jerapah , angsa, kelinci , beo , dll ) …hehe…Andalkan saja uang gaji kapal pesiar dengan pola hidup yang tidak boros. Uangnya ditabung & ditabung , demi masa depan keluarga kita di Indonesia. Nantinya untuk modal bisnis atau membeli aset / property untuk bekal warisan ke anak cucu kita kelak. Jangan lupa Beribadah , mendo’akan Orang Tua dan Bersedekah yaak…Terbukti kok, ketiga cara tersebut mampu mendongkrak rejeki kita dari Tuhan S.W.T..entah itu mendapat tips dadakan dari tamu elite / berkelas, kenaikan pangkat & gaji , suksesnya wirausaha kita di Indonesia , dll..

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!!!

 

Advertisements

6 thoughts on “Kualitas Tamu Kapal Pesiar Jaman Sekarang

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali buat saya yang masih pemula.terimaksih banyak telah berbagi pada junior2 indonesia.mohon izin berbagi sama teman2 yang akan berangkat di kapal.
    Oya saya mau tanya kalau bahasa ing blm trllu fasih.trus krja di kapal apa tips2 nya.selain belajar lbih giat.hahaha.

    Liked by 1 person

    1. Kalau interview sih dah lolos mas.tinggal nunggu jadwal.cm cos nunggu trlalu lama.dan udh jarang mnggunakan bahasa ing.jdi agak kaku lidah buat bcra bahasa ing.trimakasih tlah merespon comen saya.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s