Port of Liverpool

port of liverpool

crown princess liverpool

Menyebut nama kota LIVERPOOL , sudah pasti kita akan menebak 2 ikon kota itu yang sangat mendunia . Apalagi kalau bukan klub sepakbola LIVERPOOL dan grup band The BEATLES. Bagi yang suka dunia sepak bola & musik pasti sangat penasaran dengan port ini. 3 kali saya mengunjungi port ini dan masih saja rasa penasaran saya untuk  mengeksplor lebih dalam tentang kota yang indah ini.

beatles liverpool

Cruise port of Liverpool ” berada di pusat kota. Dengan arsitektur bangunan gaya Inggris dan sapaan ramah penduduknya terhadap orang asing membuat kita serasa betah di kota ini. Kota Liverpool sudah sejak lama menjadi tujuan wisata Dunia. Apalagi pelabuhan kapal pesiarnya ( lebih terkenal disebut : Albert Dock )  yang hanya berjarak 800 meter dari pusat kota. Jauh hari sebelum mencapai port of Liverpool , saya mencoba googling . Kira – kira sih saya tahu apa yang terkenal dari kota itu, namun belum tahu bagaimana cara / kendaraan apa untuk menuju kesana. Jujur guys,..ini pelabuhan TOP banget. mau kemana-mana dekat. Tinggal jalan kaki sambil menikmati ambience kota yang sangat ramah & rapih. The BEATLES museum hanya berjarak 150 meter ( masih di area Albert DOCK ) & toko souvenir klub sepak bola Liverpool berada di downtown ( pusat kota ) nggak lebih 15 menit berjalan kaki.

liverpool store

Behubung saya nggak  suka bola ( hehe..) kita bahas the BEATLES nya aja yach.. Museum Beatles yang di dekat port adalah museum yang ” instant ” , bagi rekan – rekan yang ingin mengunjungi sekedar foto selfie atau update status di akun sosialita silahkan, namun yang ingin mengunjungi Museum the BEATLES yang lengkap koleksinya  butuh perjuangan berat     ( maklum , museum ini dikunjungi belasan ribu orang perhari . Museum ini satu paket dengan ” BEATLES Bus Tour ” yang beli tiketnya harus ONLINE itupun jauh – jauh hari sebelumnya . Saya janjian bersama Francesco ,  ( seorang rekan dining room staff berasal dari Filipina )  . Dia adalah penggemar fanatik The BEATLES, dan dia yang membookingkan tiket ONLINE nya sebulan sebelumnya buat kami.

TICKET BEATLES TOUR

Jam 6.00 tepat , kapal pesiar CROWN PRINCESS ngeport. Seperti biasa , saya sering sekali minta ijin libur ke supervisor di setiap port bagus. Beruntung dalam setiap kontrak kapal , saya selalu bekerja bersama para supervisor yang baik sama saya & selalu mengiyakan request libur saya . Jam 8.30 janjian dengan Francesco  di depan kapal , lalu kami sarapan di area pelabuhan . Sebuah tempat jualan Fish & Chips yang terkenal di seluruh Dunia ( mungkin karena view & lokasinya sangat strategis di Albert Dock ). Pagi itu , lebih tepatnya kami anggap Brunch ( breakfast & lunch )…dalam kamus hidup saya ,  Brunch adalah sarapan yang banyak agar ngirit waktu & uang nggak perlu beli makan siang ..hehehe..

dockland fish & chips albert dock fish & chips

Nongkrong sampai jam 9.30 , lalu kami menuju tempat penukaran tiket onlen BEATLES Bus Tour. Petualangan dimulai !!!..Menaiki bus dengan narator yang akan mengajak kita mengelilingi kota Liverpool mengunjungi tempat – tempat bersejarah The BEATLES. Mulai dari area tempat tinggal mereka, Sekolah mereka, Tempat favorit John Lennon untuk menciptakan lagu , Tempat potong rambut langganan grup band tersebut dari saat merintis karier hingga jaya, ternasuk juga  The CAVERN Pub tempat pertama kali The BEATLES naik pentas. Finnishnya di Museum The BEATLES . Petualangan berikutnya memasuki Museum band tersebut . karena saking banyaknya pengunjung diterapkan sistem buka – tutup setiap 10 menit. Uniknya , antrian lancar & tertib ( nggak seperti antrian di negara kita ). di dalam museum banyak ditemui benda – benda peninggalan The BEATLES termasuk banyak diorama saat mereka sedang konser atau rekaman di studio. Ada juga foto – foto yang belum sempat terpublikasi pada masa kejayaan mereka. Yang paling unik adalah piano putih yang sering digunakan mendiang John Lennon dipajang dalam diorama suasana ruang tengah rumah John Lennon. ( ssstt…kabarnya diorama ini angker…), mungkin karena diorama ini berada di ruang bawah tanah dan agak gelap pencahayaannya ( sesuai tema ) .

BEATLES TOUR1 BEATLES MUSEUM

INSIDE THE BUS INSIDE MUSEUM

INSIDE MUSEUM2 CAVERN BRICK

tonny slavin hair cut  cavern_club_venue

THE CAVERN1

Liverpool- beatles reportage. voor reiskrant b. z . scholten.

Buat rekan -rekan yang ingin mengunjungi kota Liverpool jangan lupa siapkan uang buat souvenirnya. Souvenir The BEATLES tersedia di museumnya & souvenir kota Liverpool & khas Inggris lainnya tersedia di area pelabuhan ( Albert Dock) .

The_Beatles_Story,_SOUVENIR

HAPPY DAY OFF GUYS… !!!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s