Wirausaha ( alumni ) Pelaut Kapal Pesiar

princess cruises

start your business

Pastilah..99,9% pelaut kapal pesiar kalau ditanya apa yang akan dilakukan setelah berhenti kerja kapal adalah INGIN JADI PENGUSAHA. Bekerja beberapa tahun di kapal , ngumpulin mobil, rumah , tanah…lalu resign dari kapal pesiar untuk berwirausaha. Kedengarannya gampang & lancar banget yaak cerita hidup seorang pelaut kapal pesiar . Padahal nggak semudah itu guys !!.

Sharing konsep-konsep bisnis adalah favorit saya ketika sedang ngobrol dengan sesama rekan pelaut kapal pesiar. Masing-masing punya cara untuk mensukseskan wirausaha mereka & bertekat bagaimanapun caranya  untuk bertahan di darat ( di Indonesia ) , melupakan dunia kapal pesiar dan fokus mengurus keluarga & bisnisnya. Meminjam ungkapan dari Om BOB , seorang kru senior kapal pesiar MSC :

..Lebih baik wirausaha di rumah jadi BOS, daripada bertahan di kapal pesiar  jadi KULI..

success by estee lauder

Banyak eks pelaut kapal pesiar berhasil berwirausaha , banyak juga yang gagal & akhirnya memilih kembali bekerja di kapal pesiar lagi. Apapun keadaannya , saya salut kepada rekan-rekan bahwa semangat kalian untuk membahagiakan keluarga begitu tinggi. Banyak tips tentang berbisnis dari rekan-rekan pelaut kapal pesiar ini saya catat, coba rangkum & sering saya re-sharing kepada sesama pelaut kapal pesiar agar kita semua saling berbagi ilmu kehidupan & sama-sama sukses .Mari kita simak beberapa tips ampuh dari para wirausahawan/ wati eks pelaut kapal pesiar.

segmen_pasar

  •  Segmentasi Pasar

Jangan terburu-buru mau berbisnis apa. Jangan latah bisnisan orang lain kalau sudah terlalu banyak pesaingnya. Boleh berbisnis melatah orang lain kalau permintaan pasar akan dagangan itu cukup besar ( bisnis pulsa Hp , listrik , tabung gas , air mineral galon , dll ). Berbisnis kebutuhan primer cenderung menguntungkan meski kurang keren bagi eks pelaut ( toko kelontong, supplier beras, dll ). Berbisnis kebutuhan sekunder , tertier  pasti keren namun flow keuntungan agak lamban kecuali kalau pas dapat momennya ( rental mobil , cuci & salon mobil , warnet ).

ilustrasi-resiko-bisnis

  • Pahami resiko & Pesaing terdekat

Resiko berkaitan dengan modal. Apapun bentuknya harus kita minimalkan agar modal tidak terbuang sia-sia hanya untuk menutupi resiko . Berbisnis sewa mobil terkesan mudah : tinggal ambil DP rendah, modal 100 juta dapat 4 mobil niaga…sisanya angsuran dibayar pakai uang setoran sewa klien. Faktanya tidak semudah itu,  karena iklim usaha selalu naik-turun . Jangan sampai bisnis bangkrut hanya karena kebanyakan hutang tak terbayar di bank. Pesaing terdekat juga harus dipertimbangkan. Survey lingkungan radius 1 Km. Terkadang kita asal membuka usaha yang SAMA  dengan sebuah tempat yang tidak begitu  jauh  ( atau malah berhadapan / sebelahan ). Persaingan tidak sehat malah membuat kita repot sendiri & menguras pikiran. lebih baik cari tempat usaha lain atau berganti jenis usaha jika ingin tetap disitu.

UANG

  • Gunakan modal maksimal hanya 30% dari uang tabungan / hasil kapal pesiar

Sudah banyak dibahas di berbagai seminar & buku-buku kesuksesan berbisnis. Tetapi banyak eks pelaut  kapal pesiar terlalu berani menghabiskan seluruh modalnya untuk memulai sebuah bisnis. Kalau uang tabungan hanya 100 juta , jangan memaksakan diri mengeluarkan modal lebih dari 30 juta untuk memulai sebuah bisnis. Spekulasi atau modal nekat sangat tidak dianjurkan kecuali memang punya ” ketahanan modal ” yang  kuat.

_izin_usaha_dalam_berwirausaha

  • Buat perijinan

Mulailah segalanya dengan baik . benar & tertib hukum. Semua jenis dokumen wirausaha diperlukan untuk kelangsungan legalitas  & kesuksesan usaha tersebut. Jika dokumen & perijinan lengkap, suatu hari jika kekurangan modal bisa mudah prosedurnya saat meminjam uang di bank .

perencanaan-keuangan-masa-depan

  • Perencanaan keuangan yang baik

Jangan boros,apalagi sudah tidak bekerja di kapal pesiar lagi. butuh pemahaman diri sendiri & pihak keluarga jika sekarang adalah saatnya memulai berbisnis. Pisahkan keuangan keluarga & perusahaan. Kembali bergaya hidup ” biasa ” , lupakan pola hidup seperti saat masih bekerja di kapal pesiar.

KATA MOTIVASI SEMANGAT

  • ( jangan malu ) Pekerjakanlah diri sendiri

Untuk jenis usaha yang simpel , jangan terlalu terburu-buru mencari pegawai. Menggaji pegawai perbulan  sama saja dengan mengurangi income kita ( apalagi jika level usaha masih kecil-kecilan ). Jangan malu terjun ke bisnis & melakoni lika-likunya. Ada sahabat saya ( mas Yohan ) seorang eks pelaut kapal Celebrity Cruises  yang berbisnis jadi supplier beras tak malu menyetir sendiri truknya untuk mengambil beras hasil panen di daerah lain.

HOBI

  • Alangkah lebih baik jika berbisnis yang berkaitan dengan  minat / bakat / hobby kita

Contoh : Seorang eks pelaut  yang hobby gonta-ganti mobil berbisnis jual-beli mobil bekas, Jika faham mesin bisa membuka bengkel mobil / motor, jika hobby mendesain bisa membuka usaha desain grafis percetakan kaos, kartu nama , dll. Jika kita melakoni bisnis berdasarkan minat / bakat / hobby kita, akan lebih mudah menjalaninya & jika suatu saat bisnis sedang down , kita masih tetap mempunyai semangat untuk menjalaninya karena bisnis itu adalah hobby / rutinitas kita sehari-hari.

WAWASAN BISNIS

  • Selalu membuka diri terhadap wawasan / metode bisnis terbaru

Bisa dengan membeli buku-buku tentang bisnis atau silahkan googling tentang : sukses berbisnis, cara berbisnis, peluang usaha terbaru , dll. Jaman sekarang mudah mencari tips & trik tentang apapun . Kita jangan bermalas diri. banyak informasi di dunia maya yang bermanfaat untuk bisnis kita.

gagal-dalam-berbisnis-bangkit-lagi

  • Hadapi, hayati & nikmati semua jenis kegagalan / hambatan bisnis

Jangan pernah takut gagal, Kita tidak akan bisa kalau tidak biasa. menghadapi kegagalan bisa dengan berkonsultasi ke rekan yang juga pelaku bisnis, atau banyak blog tentang berbisnis yang menyediakan layanan konsultasi gratis.tetapkan dalam hati bahwa :

..kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda ..

kudu-sukses-mboh-piye-carane

Kita semua tahu bahwa semua jenis bisnis pasti ada resikonya. Untung-rugi  adalah sebuah hal yang berdampingan . Tinggal bagaimana kita jauh-jauh  bisa memisahkannya. Jika rekan-rekan belum berani fokus berbisnis atau masih ingin sementara bekerja di kapal pesiar boleh mencoba investasi yang simpel namun menguntungkan seperti : membangun kost-kost an, investasi emas batangan , deposito , dll. jangan pernah menginvestasikan keuangan kita kepada siapapun bahkan saudara kandung  meski dengan iming-iming apapun. mengurangi resiko kehilangan modal & kehilangan hubungan persaudaraan. Banyak kasus pelaut kapal pesiar tertipu bisnis bahkan oleh  kakak / adik sendiri.

Buat rekan-rekan senior eks pelaut kapal pesiar yang telah sukses berbisnis di darat, nggak ada salahnya saling membagi tips & trik tentang kesuksesannya di kolom komentar di bawah ini.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!

 

 

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Wirausaha ( alumni ) Pelaut Kapal Pesiar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s