suka-duka crewmember : momen Tahun Baru di Kapal Pesiar

new years on board

Sebelumnya pelautkapalpesiar.wordpress.com ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 buat sesama pelaut kapal pesiar , baik yang sedang bekerja ( On Board ) atau yang beruntung sedang berada dalam masa liburan / cuti bersama keluarga. Tau sendiri lahh, betapa sibuknya momen tahun baruan di kapal . Apalagi sejak akhir November banyak tamu memadati reservasi di kapal pesiar. Puncaknya pada Christmas cruise hingga New Year cruise. . Perusahaan  kapal pesiar pastinya ingin memastikan pelayanan kelas atas untuk seluruh penumpang di kapal pesiar, akibatnya kita-kita yang bekerja disitu cukup merasakan juga tekanannya. Apalagi untuk jalur cruise di perairan Amerika dengan peraturan USPH nya ( United State Public Health ). Kerjaan banyak, ditambah ekstra general cleaning ( pembersihan menyeluruh ) di area kerja setiap hari, Dijamin badan akan bertambah pegal, kecape’an dan kurang tidur.

perusahaan kapal pesiar menyiapkan momen akhir tahun sudah sejak 2 bulan sebelumnya. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan lonjakan “komplain ” seiring semakin sibuknya pekerjaan sehingga banyak tamu merasa terabaikan . Maklum , penumpang kapal pesiar pada momen akhir tahun biasanya lebih merepotkan dan rentan komplain. Training bagi kru untuk bekerja sesuai prosedur & training bagi supervisor agar bisa mengatur kru & menghadapi  komplain sudah dipastikan ada setiap minggu. Tingkat stress manajemen juga meningkat. Biasanya bagi para kru yang masih baru , pasti tidak betah dengan keadaan ini. Supervisor lebih temperamen , General cleaning lebih sering dilakukan, dll.

Terkadang merasa jenuh, pengen secepatnya berakhir cruise natal & tahun baru. Yang ada hanyalah berharap penumpang yang kita layani tidak komplain dan tidak ngrepotin . Apa yang bisa diperbuat bro/sist ? , Jumlah penumpang kapal lebih banyak, pekerjaan kita lebih banyak & badan kita pasti  lebih capek juga pada cruise tersebut. Asal mendapatkan ” good comment card  ” dari tamu pun sudah memuaskan bagi kita. Di lain sisi, kita tidak perlu banyak mengeluh pada orangtua / keluarga tentang pekerjaan kita di kapal pesiar ( terutama di momen akhir tahun ). Capek ya pasti , yang penting keluarga tahunya kita di kapal baik-baik saja dan menghasilkan uang…itu sudah cukup !!.

gala dinner new years

Galley (kitchen) of the Disney Dream, Disney Cruise Lines, sailing between Port Canaveral, Florida and the Bahamas.

Persiapan menjelang akhir tahun sudah mepet. Diawali dari Christmas cruise. Gedebag-gedebuk bekerja. Inilah realita kapal pesiar yang terkadang tidak kita ceritakan kepada keluarga / pasangan. Persiapan terberat pada departemen  F& B terutama para cook yang sibuk mempersiapkan menu spesial natal & tahun baru. Staff dining room juga tak kalah sibuknya melakukan pembersihan area kerja & memasang dekorasi. Masih belum hilang nervousnya  tak terasa Christmas cruise pun sudah  berakhir dan disambung New Year cruise.

“….just One more cruise guys !!… keep the hard work…”

Begitulah omongan pimpinan / Hotel Manager menyemangati kita pada meeting dadakan kepada seluruh kru di pertengahan cruise. Enaknya momen cruise akhir tahun, adalah karena okupansi kapal pesiar penuh & profit perusahaan meningkat, akan meningkatkan juga gaji kita. Nggak banyak tapi biasanya cukup buat tambahan uang saku. Tambahan bisa juga berbentuk Tips dari penumpang kapal pesiar yang kita layani. dan pastinya pada momen pergantian tahun, dirayakan bersama seluruh kru & penumpang kapal pesiar di open deck. Tidak perlu terlalu larut dalam euforia kegembiraan, karena besok paginya kita sudah harus bekerja normal kembali.

Apapun keadaannya harus kita syukuri…Berat-ringannya pekerjaan di kapal pesiar tidak usah terlalu dipikirkan.Buat apa mengeluh ?,  ini adalah pilihan kita saat dulu memutuskan melamar kerja kapal pesiar. Gak perlu emosi antar sesama rekan kerja di kapal pesiar , malah nanti kita dianggap seseorang yang panikan & nervousan..hehe..Apalagi sampai pasang status di  sosmed mengumpat-umpat pekerjaan kapal pesiar  & di foto- foto pula,..waahh…malah terkesan kitanya  ” pelaut  alay “. Senang gaji kapal yang besar tapi kok tidak senang pekerjaannya yang berjibun.

Buat rekan-rekan pelaut kapal pesiar Semoga di tahun 2016 ini dapat membuat kehidupan kita lebih membaik, karier meningkat , menjadi pribadi yang lebih agamis & mampu mengelola keuangan lebih baik lagi dari tahun kemaren.Amieen…

Buat adik-adik calon pelaut kapal pesiar , Semoga Tahun 2016 ini menjadi tahun keberhasilan kalian menggapai mimpi diterima di perusahaan kapal pesiar yang bonafid .Amieen…

Semuda mungkin meraih kesuksesan..lebih cepat lebih baik….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s