Review Blog 1 Tahun

1st_anniversary

Alhamdulillah, pelautkapalpesiar.wordpress.com telah menapaki usia 1 tahun. Masih terlalu dini untuk istilah pencapaian pada sebuah blog, apalagi jumlah pembacanya yang enggak banyak dan sangat segmentif. Yaa, dunia kapal pesiar tidak semua orang tertarik untuk membacanya. Kecuali golongan seperti rekan-rekan para pelaut kapal pesiar atau adik-adik calon pelaut kapal pesiar yang memang mempunyai minat dan bakat berprofesi sebagai ” kuli berdasi ” . Terimakasih telah mengunjungi blog saya, scroll page, membaca berulang-ulang bahkan sampai share artikel ke media sosial. Beberapa artikel favorit bahkan di re-share oleh orang-orang yang belum pernah sekalipun mengunjungi blog ini. Meminjam kalimat milik  Ariel NOAH ,

…”Kalian luar biasa “…

Teringat dulu saat memulai menulis artikel, saya hanya mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman saya tentang kapal pesiar. Satu persatu artikel terbit dan mulai ada pembaca. Dari belasan pembaca hingga sekarang ratusan pembaca rutin ngeklik  setiap harinya. Ada yang komen, sempat mengirim email pertanyaan dan apresiasi, atau sekedar menjadi silent reader tapi menyempatkan setiap hari mengunjungi blog hehe… makasih Bro/Sist.  Aktivitas saya pun bertambah, membalas email beberapa pembaca yang berkonsultasi. Saya bukan dokter,  dan juga bukan seorang motivator hehe… Saya hanya seorang pelaut kapal pesiar yang sering gagal dan banyak mengalami kendala kehidupan. Ketika beberapa rekan pelaut/ calon pelaut kapal pesiar  setelah mengirim email ke saya merasa terbantu kesulitannya tentang dunia kapal pesiar, Saya ucapkan terimakasih kembali. Sebagai manusia biasa, saya hanya mencoba memberikan saran dan pendapat berdasarkan pengalaman saya sejak merintis dan menjalani profesi sebagai pelayan di kapal pesiar.

Kedepannya pelautkapalpesiar.wordpress.com akan tetap selalu menjadi blog yang fokus mensupport pelaut/calon pelaut kapal pesiar, memberikan informasi yang akurat dan membahas seluk-beluk dan realita kehidupan pelaut kapal pesiar.

IMG_1625

Terimakasih sebesar-besarnya untuk istri saya “Gina Gianti ” yang juga sama-sama crewmember PRINCESS Cruises yang telah menginspirasi banyak ide,saran,& artikel di blog ini, terimakasih juga buat apresiasi  rekan-rekan terhadap blog saya. Tanpa kalian, tidak akan pernah semenarik ini!

kalian luar biasa

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA!!!

Advertisements

11 thoughts on “Review Blog 1 Tahun

  1. Saya tertarik kerjaan di kapal setelah saya cari2 info ketemu blog ini.
    Menurut saya blog ini paling lengkap isinya juga masih terus update, bagus mas.

    Mas pertama naik tahun 2008 di posisi apa?
    Dari yg saya baca mas rizal mulainya ga dari posisi paling bawah.
    Itu waktu interview pertama kenapa bisa gitu mas?
    Sampai bisa2 masuk pertama sudah loncat ga lewat posisi paling bawah.

    Karena mas kan dari jalur LPK, asumsi saya yg namanya training di lpk kan standar2 aja.
    Apa karena mas lulusan sarjana? (Kan mayoritas pelamar indonesia cuma sma)
    Atau karena kemampuan bahasa inggris dan itali?

    Karena saya tertarik kerjaan di kapal tapi kl bisa ya seperti mas rizal dapet posisi ga dari paling bawah.
    Rencana saya disini cari penglaman dulu di hotel sambil belajar bahasa lain.
    Kl inggris aja sih sudah pede saya, mungkin sambil belajar spanyol apa ngaruh ya mas?

    Maaf mas nanya banyak tadinya mau kontak pribadi tapi ga nemu kontaknya di blog.
    Jadi ditulis aja disini, supaya yg pada mau mulai jg bisa sekalian belajar.

    Ditunggu mas infonya, terimakasih.

    Like

    1. Terimakasih atas apresiasinya kepada pelautkapalpesiar.wordpress.com. Analisa kris tepat sekali. Saya berhasil memulai karier kapal pesiar tidak dari posisi terendah. Hal tersebut mungkin karena faktor kemampuan berbahasa inggris & Italy saya. & juga beruntung saat mengawali karier , perusahaan kapal tempat saya bekerja sedang menambah kapal baru ( sehingga kekurangan stok kru untuk posisi tertentu ).Untuk tambahan kemampuan bahasa asing lain boleh juga belajar bahasa Spanyol..Jika ingin melamar di perusahaan kapal pesiar spesifik seperti MSC Cruises silahkan belajar bahasa Italy atau belajar bahasa Jerman untuk melamar di AIDA Cruises. GOOD LUCK !!!!!

      Like

      1. Jadi bahasa kayanya paling pengaruh ya.
        Saya sendiri ikut toefl terakhir tahun 2011 dapat skor 530.
        Apa sudah cukup baik kalau segitu?
        Sekarang sih saya rasa ada peningkatan tapi belum coba tes lagi.

        Jadi dari pertama naik sampai sekarang sudah promosi berapa kali mas?
        Kalau boleh sekalian info posisi jenjang karir yang pernah dialami.

        Terimakasih.

        Like

      2. toefl tahun 2011 , bisa aja berubah di tahun sekarang..bisa coba test lagi siapa tahu meningkat..atau coba test marlins…link situsnya ada di artikel sya terakhir..posisi saya dari dulu masih biasa-biasa aja …buffet steward-junior waiter-assistant waiter-waiter..pernah juga bekerja di room service..

        Like

      3. Kalau 7 tahun di kapal sudah jadi waiter, berarti mulai jadi waiter sekitar 2 tahun yg lalu, maksimal 1 tahun yg lalu.
        5 tahun sudah promosi 3 kali ditambah 1 dept lain.
        Kayanya mas ini tipe karyawan yang disenangi bosnya ya? Hhee

        Teman2 seangkatan mas pasti ada aja yg masih dibawah ya?
        Karena kalau dibanding cerita2 yg saya dengar, mas ini termasuk yg cepat karirnya.
        Malahan ada yg cerita 8 tahun masih aja di level cleaner.

        Dan selevel waiter bagi kru indonesia sudah termasuk elit, apa begitu mas?

        Like

      4. Kebetulan saya lancar..beberapa rekan lain ada yang lancar / ada yang tersendat kariernya..Kalau sharing tips dari rekan senior, cara cepat naik pangkat di kapal adl bekerja jangan hitungan, jangan mengeluh, ramah terhadap supervisor/pimpinan, berbahasa asing yang fasih&memberikan gesture yang bagus dihadapan tamu.untuk dining room staff lebih baik lg jika punya penjualan beverage ( wine/beer/cocktail) yang tinggi..sehingga dengan mudah dipertimbangkan naik pangkat..secara kita dianggap “menguntungkan” oleh perusahaan…saya berhasil mempraktekkan cara itu…Silahkan dicoba..

        Like

  2. Kak, mau nanya nih. Sebelumnya pernah baca artikel2 tentang kapal pesiar jugaaa. Katanya mata ga boleh minus yaaa ? Gaboleh pake kacamata atau softlens. Trus umur wajib 21+. Bener yaa kak ? Ditunggu jawabannyaaa😊 Makasih

    Like

    1. mata minus masih boleh..banyak temen saya berkacamata saat bekerja. kalau mau pake softlens juga boleh tapi biasanya repot sendiri..Untuk usia memang minimal mulai bekerja di kapal pesiar adalah 21 tahun (peraturan Internasional)..tapi banyak pelamar yang mulai memasukkan lamaran ke agen di usia 20 bahkan 19. toh nantinya butuh beberapa bulan prosesnya untuk menuju keberangkatan kapal pesiar.

      Like

      1. Makasih jawabannya kak. Lanjutin lagi yaa bikin blognya. Seneng banget bisa nambah2 pengetahuan soal kapal pesiar dari blog kakak😊

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s