Penipuan Lowongan Kerja di London

i love london

Dilihat dari judulnya, udah jelas guys..Ini urusan tepu-tepuan. Yang sangat membuat saya heran adalah penipu ini begitu sabar, sistematis bin profesional  dan membuat orang waras ( kayak kita ) bakal percaya. Saya yakin mereka menipu bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara-negara ” kelas pekerja ” lain. Sindikat penipu ini banyak bergabung di grup Fesbuk para pelaut dan memposting iklan lowongan kerja darat di Inggris.Berhati-hatilah kawan !!!

Sebulan lalu ada kawan lama staff diningroom di kapal MSC yang barusan sign off dan berkunjung ke rumah saya. Dia bilang udah mau pensiun dari dunia kapal pesiar & akan mencoba bekerja luar negeri di darat secara resmi.” Wahh, mantabb bro ” kata saya. Dengan bangganya dia menunjukkan print email job letter untuk bekerja d sebuah hotel bintang 5 di London dan bergaji 3000an Pounsterling. Sejenak saya kaget dan hampir percaya. Saya search hotelnya di Google dan berbagai situs bookingan onlen , ehh…ada. saya lihat print email  job letternya dengan berbagai tulisan yang menurut saya itu beneran menerangkan tentang gaji, jam kerja, waktu libur, dan kerennya diberitahukan juga kalau mendapat jatah mess  plus uang saku saat kita cuti kerja 2 bulan di Indonesia. Setelah memberitahukan lembar email pertama, dia menunjukkan print berlembar-lembar formulir yang katanya untuk diisi sebagai prasyarat VISA dan kependudukan pekerja di Inggris. Well, saya masih yakin kalau kawan saya ini ketiban rejeki nomplok. Finally I found out, maksud dia datang ke rumah saya untuk meminta pertimbangan mengenai permintaan recruiter agent yang di Inggris untuk meminta transfer uang 475 Poundsterling via Western Union. dan mengiriman email isian formulir kependudukan dan aplikasi VISA. Kawan saya tidak lupa memberikan email , siapa tahu saya tertarik untuk mendaftar katanya.

hello there

Sedikit menyimpang dari topik,  teringat tahun 2010 saat saya masih bekerja di MSC, sebuah keluarga Italy keturunan Turki ( bekas tamu dining table saya di kapal )  menawarkan saya untuk bekerja di minimarket milik dia. Saya sudah dianggap seperti anak sendiri, diajak ke perkumpulan imigran di Italia .Setiap ngeport di kota Civitavecchia ( Roma ), saya selalu menyempatkan mengunjungi rumah mereka. Hingga pada suatu saat mereka menyuruh saya mendatangi Kedubes Italia di Jakarta untuk mengambil approval letter saat saya pulang dari kapal pesiar nantinya. Sebenarnya saat itu saya sangat tertarik dengan penawaran tersebut namun yang saya khawatirkan karena saya tidak tahu betul latar belakang mereka dan  saya takut terjebak dalam perekrutan terselubung  jaringan teroris Internasional. dalam kasus ini bisa digaris bawahi bahwa :

” Sebuah perusahaan / Keluarga yang mempekerjakan warga asing akan mengirimkan surat jaminan kepada kantor kedubes negara karyawan tersebut. dan calon karyawan diharuskan MENDATANGI kantor kedubes untuk keperluan administrasi & pendataan “

Bedanya dengan job letter yang dikirimkan ke email kawan saya, bahwa calon karyawan berhubungan dengan kantor kedubes HARUS melalui email & mengirimkan sejumlah uang. Disinilah kejanggalannya. Kalau ujung-ujungnya duit , yaa kita patut waspada . Untuk mengurangi rasa penasaran, saya coba-coba melamar di email tersebut. Saya pengen tahu seberapa cerdik penipu ini.Mari kita simak guys..

Setelah saya mengirim CV & application letter, mereka membalas dengan tes wawancara tertulis. Beberapa pertanyaan standard setiap interview seperti “ tell me about your self “, ” describe yourself into 5 words “, ” tell me about your worst trait “, dll yang dengan mudah bisa saya jawab.Uniknya mereka tidak mengadakan wawancara via Skype seperti layaknya perusahaan luar negeri yang ingin merekrut karyawan Indonesia. Mungkin mereka tidak ingin terlihat wajahnya & terlacak posisi onlen nya.Satu hal saya bisa melihat kelemahan mereka adalah menjawab email begitu aktif. Masa’ baru ngirim CV malam, besok siangnya sudah menerima email balasan, dan begitu seterusnya hingga dalam 1 minggu sudah mendapatkan job letter. Perusahaan profesional tidak akan pernah terburu-buru seperti ini.Mereka mengirimkan banyak formulir yang harus diisi seakan itu nyata. Maksudnya agar kita terkecoh & disibukkan  dengan tulisan-tulisan tersebut.

fake job letter2

*) Salah satu contoh job letter palsu ( dikutip dari google )

Tidak menutup kemungkinan, suatu saat ada beneran lowongan keja darat luar negeri resmi untuk penduduk Indonesia. Namun sementara ini silahkan hati-hati  & waspada dulu saat mendapatkan sebuah iklan lowongan pekerjaan.  Berikut cara menghindari / meneliti apakah lowongan kerja di London itu benar ?..

  1. Pastikan rekan-rekan menerima email resmi dari perusahaan tersebut . Contoh : recruitment@fairmonts-hotel.com .Coba dech tuliskan domail url tersebut pada web browser, kalau situs resmi maka akan tersambung pada hotel yang dimaksud. Para penipu menggunakan domain email gratisan seperti yahoo.com  , google.com, live.com, careceo.com
  2. Mencantumkan tanggal mulai kerja yang agak mepet , biasanya 3 minggu atau sebulan kedepan , agar calon korban segera menlengkapi dokumen & mentransfer uang.
  3. Mereka dengan pedenya mencantumkan  alamat hotel pada email dengan tujuan jika kita mengecek di google akan percaya.Namun untuk nomor telp yang bisa dihubungi  diawali dengan angka +44 ( 0 ) 70 ..Yang itu berarti nomor HP. ( bukan nomor fixed line )
  4. Coba gabungkan nama perusahaan dengan kata ” job scam ” di Google. Jika lowongan pekerjaan itu penipuan, maka kita akan menemukan banyak link di internet terkait kasus itu.
  5. paling mudah jika terindikasi meminta sejumlah uang untuk ditransfer lewat jaringan transfer internasional ( Moneygram, Western Union , dll ). segera lupakan impian rekan-rekan dapat bekerja di London. Seharusnya perusahaan akan membiayai kita, jika ada hal tertentu dan kita diwajibkan membayar administrasi, membayarnya di KANTOR KEDUBES NEGARA TERSEBUT di Jakarta.

Nahh sekarang rekan-rekan sudah tahu , banyak yang tertipu lowongan palsu ini. Kebanyakan para pelaut kapal pesiar yang sudah capek kerja di kapal & ingin bekerja lebih rileks minus tekanan. Sayangnya para korban ini malu untuk tampil agar bisa mencegah korban penipuan selanjutnya. Saling mensupport & saling mengingatkan yaa guys…Semoga artikel ini bermanfaat.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s