Pelaut Kapal Pesiar

 

Kebayang yaa? kerja banyak uang, bisa jalan-jalan menjelajah banyak negara, dibanggakan orang tua dan disayang mertua (ngareep…)hehe…Dunia kapal pesiar yang 10-15 tahun lalu diremehkan , sekarang diminati banyak pencari kerja. Kebanyakan orang menganggap bekerja di kapal pesiar itu asal mau berangkat dan mau bekerja. Padahal dibutuhkan skill dan pengetahuan perhotelan untuk bisa mencapai keinginan itu.

Bagi yang berlatar belakang pendidikan perhotelan, tentu sudah tahu seluk-beluk kapal pesiar dan tahu cara agar bisa bekerja disana. Bagi yang studi bukan tentang perhotelan, jalan satu-satunya adalah dengan mengikuti diklat 3 atau 6 bulanan di LPK (Lembaga Pendidikan Kejuruan) kapal pesiar dan training di hotel minimal 6 bulan untuk bisa melamar agen kapal pesiar. Tahun 2000 mulai booming LPK yang mengkhususkan diri dalam hal ini. Kebanyakan didirikan oleh sekumpulan orang yang pernah bekerja di kapal pesiar (eks pelaut). Ada yang mendidik dengan benar, ada juga yang hanya mengobral janji kepada siswa akan pasti dipekerjakan di kapal. Apakah semudah itu bekerja di dunia kapal pesiar ?…Kalau perusahaannya milik kakek-nenek kita…jawabannya pasti IYA!!!, Realitanya nggak semudah itu dan malah banyak calon pekerja yang termakan janji palsu LPK.Tertipu broker (makelar) kapal pesiar, bahkan sampai berkali-kali.

Setelah berhasil bekerja di kapal pesiar pun, nggak mudah bagi kita untuk menjalaninya. apalagi saat mengawali. Banyak blog bertema kapal pesiar termasuk blog pelautkapalpesiar.wordpress kesayangan kita ini yang rutin  berbagi pengalaman,  tips dan trik. Semudah mengetik keyword di google tentang apa yang kita ingin cari tahu dan akan banyak literatur/artikel yang akan mengulasnya. Untuk visual bergerak tentang dunia kapal pesiar, bisa kita cari di Youtube.

“Being a crew ship crew is about how to FUN and ENJOY in the job onboard”

Adik-adik yang belum tahu artinya silahkan copy-paste tulisan diatas dan cari tahu jawabannya di google translate yaa. FUN & ENJOY disini bukan berarti kita seneng-seneng aja di kapal dan bekerja asal-asalan. Bekerja di kapal pesiar dengan segala aturan ketat akan membuat kita seperti terpenjara sementara. Jangan berpikir demikian, nyatanya kita memimpikan pekerjaan ini dan ingin mengais dollar sebanyak mungkin dari dunia ini kan? Jalani aja dan nikmati. Karena itu adalah cara paling simpel untuk bisa betah bertahan full kontrak 6-9 bulan yang telah ditandatangani di awal pekerjaan. Bekerja dengan banyak rekan dari berbagai belahan Dunia, tentu tidak mudah. Apalagi bagi crewmember bagian guest contact yang melayani tamu secara langsung. suasana hati amburadul/sedang tidak mood pun harus tetap bekerja dengan baik.

Perusahaan kapal pesiar berusaha memberikan fasilitas kepada crewmember sebaik-baiknya. Kantin 24 jam, area Gym dengan standard peralatan Internasional, kolam renang mini , peminjaman DVD, peminjaman sepeda, Play Station, Billiard, perpustakaan, internet room (atau di cabin pribadi pun bisa) dll. Yang seneng bersosialisasi melepas stress dengan cara dugem, juga disediakan crew bar di kapal pesiar. Belum lagi program piknik gratis ( ikut tour bus), penghargaan untuk crew member terbaik setiap bulannya dan berbagai jenis apresiasi lain tentunya diharapkan agar kita memberikan pelayanan yang profesional kepada tamu kapal pesiar.

Menjalani karier di kapal pesiar harus sepintar-pintarnya kita beradaptasi ditengah berbagai kendala kerja. Berbagai kendala tersebut bisa dibaca di berbagai artikel pada blog ini. Semakin lama, perusahaan kapal pesiar semakin menambah pelayanan untuk para tamu. Bagi crewmember harus kuat dan mampu bekerja. Kapal pesiar ukurannya semakin besar dengan kapasitas tamu yang lebih banyak lagi.  Persaingan antar calon kru pada agen kapal pesiar pun juga semakin sulit. Hal ini mengacu pada standard dari perusahaan kapal pesiar yang selalu meningkat.

“Maksimalkan tenaga saat bekerja, maksimalkan tidur saat istirahat, dan maksimalkan kesenangan (positif) saat sedang liburan”

Pada akhirnya kita harus berpikir dewasa, tahu dimana menempatkan diri pada pekerjaan dan pergaulan,  memaksimalkan potensi untuk bisa bertahan menjalani kontrak dan mempunyai karier bagus di kapal pesiar.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s