Tips Pelaut Pemula: Cara Mencegah Koper Hilang/Telat Sampai Pada Suatu Penerbangan

princess-cruises-logo-2-crew2996

Jika akan  berangkat kontrak kapal pesiar , koper kita adalah nyawa kita. Disitulah amunisi perbekalan kita sepanjang kontrak, mulai dari pakaian pribadi hingga makanan kecil pengobat rindu kampung halaman ( saos, sambal,kopi lokal, mie instant,dll). Ketika kepulangan kapal pesiar pun, koper kita pasti berisi oleh-oleh untuk saudara/keluarga dan barang-barang hasil belanja kita dari luar negeri. Pertanyaannya adalah bagaimana koper-koper kita bisa sesuai harapan sampai pada destinasi terakhir kita? . Perusahaan penerbangan membuat sistem sebaik dan se-aman mungkin untuk mencegah koper tertinggal atau tertukar antar penumpang pesawat. Namun kadang faktor human error petugas transfer luggage di bandara terkadang hal ini bisa terjadi. Wajar lahh, bandara Internasional dengan ratusan  ribu koper lalu-lalang setiap hari.

Saat kita melakukan check in di bandara, petugas mengecek kelengkapan tiket, dokumen kita. lalu diberikan boarding pass yang tercetak juga barcode agar mudah di scan petugas bandara selanjutnya (bisa destinasi akhir atau bandara transit). Barcode tersebut juga berbentuk sticker kecil yang akan ditempelkan pada koper kita. Disitulah petualangan dimulai..hehe..(maksudnya petualangan si koper bergerak melalui belt conveyor bandara keberangkatan, ditransfer menuju pesawat, transit di sebuah bandara dan dikelola oleh baggage handler disana.Terkadang juga koper berangkat duluan menggunakan pesawat cargo  dan akan  menunggu kita di bandara destinasi.  Akhirnya oleh petugas ditransfer ke  conveyor belt lagi menemui kita di bandara tujuan. Berikut ini ada video youtube yang menerangkan seperti apa perjalanan koper kita saat tidak dalam genggaman.

 

Dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana caranya untuk mencegah agar koper kita tidak hilang atau telat sampai tujuan. Terutama untuk kita sebagai pelaut kapal pesiar saat keberangkatan (join) kapal . Pernah terjadi seorang rekan yang baru kontrak pertama kapal pesiar menunggu hampir 2 jam  kopernya tidak muncul di conveyor belt, sedangkan bus penjemput sudah menunggu dan akan segera berangkat mengantar para new joiner dari bandara menuju pelabuhan kapal pesiar. Hingga pada  saat dia sampai kapal pun belum ada kabar tentang  kopernya. Dalam hal ini jangan khawatir karena petugas penjemput kita akan berusaha terus mencarikan koper kita (selama sticker barcode  tidak terlepas). Kasihan juga tuh bocah, beruntung seragam dan sepatu sudah dapat dari perusahaan. Akhirnya beberapa teman menyumbangkan peralatan mandi, dan uang sehingga new joiner tersebut bisa membeli pakaian ganti pada sebah toko di pelabuhan hari berikutnya.Skip…Skip..Endingnya adalah koper dia berhasil diantar ke kapal pada akhir cruise minggu depannya. Just Lucky …

luggage-storage.jpg

Berikut beberapa tips meminimalisir resiko agar koper kita tidak hilang atau terlambat datang.

  1. Setelah koper siap, jangan lupa pasang luggage tag yang bisa kita tulisi identitas kita.
  2. Tidak ada salahnya menempel pada koper kertas di print . Ditulis nama kita, alamat tujuan ( alamat rumah jika penerbangan pulang atau alamat pelabuhan kapal pesiar jika penerbangan mau join kapal). Sering terjadi kasus koper yang terlambat datang bisa sampai ke kapal pada akhir  cruise berikutnya. Namun setelah diantar petugas bandara ke pelabuhan kapal, petugas pelabuhan kapal tidak tahu koper tersebut milik siapa.
  3. Di bandara Internasional dengan ribuan koper akan sulit membedakan mana koper kita dengan koper penumpang lain apalagi yang berwarna/model sama. biasanya saya menempelkan sticker scotchlite sebagai penanda agar mudah terlihat dari jauh. Sebelum check in, biasanya saya memfoto koper saya, agar jika terjadi kehilangan tidak perlu repot menceritakan ke petugas ciri-ciri koper kita, tinggal tunjukkan foto saja.
  4. Untuk mencegah koper tertahan lama di petugas scanner, sebaiknya kita tidak perlu membawa barang yang sekiranya akan aneh terlihat di layar scanner, petugas pastinya mencari narkoba,senjata,atau barang-barang yang mudah meledak lainnya. Jika petugas  menemukan sebuah kecurigaan di koper kita (misal : korek gas berbentuk pistol, patung laba-laba, jam weker yang digulung kabel charger HP sering dikira bom,jamu tradisional & pil tanpa kemasan/barcode, dll), maka koper kita akan dibuka paksa meski digembok. Hasilnya koper kita akan rusak dan hanya diikat tali saat sudah selesaai diperiksa. beruntung koper-koper bermerk bagus yang sudah punya fitur “TSA Lock” akan aman dibuka petugas dan  terkunci lagi. TSA_Lock.JPG
  5. Pada saat check in perlu dipastikan untuk bertanya tanya ke petugas dimana kita akan mengambil koper? (apakah di bandara Internasional terakhir atau di bandara destinasi terakhir). Dewasa ini sistem baggage handling yang dimiliki semua bandara sudah begitu canggih, sehingga umumnya kita bisa mengambil koper kita pada bandara destinasi terakhir meski berganti-ganti  maskapai penerbangan. Tahun 2008 saya masih sempat mengalami masa dimana akan join kapal pesiar ke Miami. Dari Jakarta menuju Los Angeles (bandara Internasional) menggunakan pesawat Emirates . Transit di Dubai, tidak perlu mengambil koper. Ketika penerbangan  berikutnya setelah turun pesawat di bandara Los Angeles harus mengambil koper dulu sebelum melanjutkan check in lagi melanjutkan perjalanan ke Miami menggunakan pesawat domestik American Airlines.passport-organizer
  6. Sambil merapihkan dokumen saat setelah check in, pastikan petugas menempelkan sticker barcode ke koper kita.
  7. Saat mengambil koper kita di bandara terakhir silahkan cari conveyor belt yang di atasnya tertulis kode penerbangan kita (tertera pada sobekan tiket/boarding pass). Umumnya tulisan kode penerbangan di conveyor belt menggunakan LCD
  8. Jika terjadi koper kita tidak muncul di conveyor belt, silahkan hubungi petugas, cari arah petunjuk ” lost baggage ” dan laporkan kejadiannya. Jangan lupa kasih alamat, no HP, email dan ciri-ciri koper (atau tunjukkan foto koper sebelum keberangkatan )

lost-and-found-software-for-airports

Nahh, adik-adik calon pelaut kapal pesiar sudah jelas kan ? perbanyak info tentang  dunia kapal pesiar. Bisa nanya pelaut senior , bisa googling, bisa juga baca beberapa artikel di blog kesayangan kita ini.

HAVE A SAFE JOURNEY & ENJOY YOUR FLIGHT …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s