Galley Steward di Kapal Pesiar

Seberat apapun kerjanya dilakukan asal bisa bekerja di kapal pesiar. Impian bergaji ribuan dollar sudah di depan mata. Yang berpikir cerdas dan sistematis pastinya mulai mencari info dari googling, blog pelaut atau nanya-nanya rekan yang telah sukses berkarier di kapal pesiar. Yang terlalu terbuai mimpi biasanya mudah menyerap informasi lowongan dari calo-calo liar kapal pesiar. Ketipu uang DP, hingga uang puluhan juta yang ngakunya si calo untuk dokumen keberangkatan kapal pesiar.

Semua orang peminat tahu kalau bekerja di kapal pesiar itu harus mulai dari posisi yang paling bawah. Namun kebanyakan dari mereka tidak ingin tahu apa sih jenis pekerjaan awalan bagi kru kapal pesiar. Disini kita akan membahas tentang Galley Steward/ Utility Kitchen. Kotor atau capek dan sedikit menjijikkan (bagi sebagian orang). Namun demi gaji dollar segala kekhawatiran ini tidak dihiraukan.

success

Menjadi seorang Galley Steward/ Utility Kitchen kerjanya cukup berat. Intinya sih bersih-bersih segala hal yang ada di kitchen (dapur) kapal pesiar. Mengepel lantai, membersihkan dinding, membersihkan piring/gelas kotor, beserta segala hal demi kelancaran dining service di kapal pesiar. Dengan gaji awal yang tidak besar (biasanya $500-$630 USD) tidak menyurutkan semangat para rekan-rekan new joiner kapal pesiar. Bagi yang sebelumnya beruntung saat interview di agen kapal bisa berbahasa Inggris dengan bagus akan mendapatkan posisi yang sedikit diatas Galley Steward/ Utility Kitchen. Biasanya ditempatkan di crew mess (kantin) atau Public Area Cleaner jika departemennya house keeping. Namun bagi yang berbahasa Inggris pas pasan biasanya ditempatkan di posisi ini. Apapun harus disyukuri yang penting bisa diberangkatkan bekerja di kapal pesiar. Video pertama dibawah ini menerangkan tentang bagaimana menjadi seorang Galley Steward/ Utility Kitchen dan video berikutnya menerangkan realita yang terjadi sebenarnya pada sebuah galley di kapal pesiar.

pengupload video : mini firman (Carnival Cruise )

Sebenarnya semua jenis pekerjaan sudah diatur oleh perusahaan kapal sedemikian rupa agar terorganisir dengan baik dan cepat selesai. Sebagai seorang pemula Galley Steward, rekan-rekan harus memulai pekerjaan sesuai prosedur dan mentaati aturan perusahaan.

Seorang Galley Steward/ Utility Kitchen bukanlah sebuah hal yang memalukan. Mau nggak mau harus menjalani profesi ini di awal kontrak untuk menuju gaji ribuan dollar pada tahun-tahun berikutnya. Bagi yang pekerja keras biasanya sambil “berbisnis” di kapal pesiar sebagai tenaga pangkas rambut, bersih-bersih kamar kru, tukang pijat, atau bisnisan lainnya. Umumnya mereka disebut “bisnis men” mengingat income sampingan dia di kapal melebihi income kru lain yang beberapa¬† posisi diatasnya. Kebanyakan para “bisnis men” disini tidak mau naik pangkat (promote) menuju posisi yang lebih baik/bergaji lebih besar karena sudah terlanjur nyaman dengan income yang dia dapat. Tak jarang mendengar cerita seorang new joiner kontrak pertama saat kepulangannya berhasil mengumpulkan uang 150 juta lebih, padahal posisinya hanya sebagai seorang Galley Steward/ Utility Kitchen. Maklum, bisnisan dia di kapal pesiar lancar jaya. Staff dining room yang bergaji $2000an dollar pun jika tidak pintar berhemat, biasanya pulang kapal pesiar hanya menghasilkan uang 50 juta an atau bahkan kurang.

Artikel diatas ingin menunjukkan pada rekan-rekan calon pendaftar agen kapal bahwa tidak mudah untuk bekerja di kapal pesiar. Banyak artikel yang bisa dipelajari pada blog kesayangan kita ini membahas tentang seluk-beluk dunia kapal pesiar. Akhirnya kita semua tahu untuk mencapai gaji ribuan dollar dibutuhkan banyak pengorbanan dan kerja keras.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA !!!!

hardwork

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s