Bersiaplah! Kapal-kapal Pesiar Baru Bermunculan

lambang2 kapal

Perkembangan dunia kapal pesiar sangat menggiurkan. Bagi perusahaan menambah kapal baru sama dengan menambah profit. Bagi penumpang para penggemar cruising kapal baru adalah petualangan baru dan bagi crewmember kapal baru berarti kesempataan yang lebih luas lagi untuk berkarier. Kita semua tahu bahwa bekerja di kapal pesiar begitu berat. Dengan gaji yang lumayan, umumnya para crewmember sudah merasa cukup dan ingin berhenti kerja setelah 5-7 tahun on board. Akhirnya mereka memilih untuk lebih baik bersama keluarga setelah modal/cita-cita tercapai. Bagi yang baru 1-3 tahun bekerja di kapal pesiar, kesempatan ini adalah momen yang tepat untuk mengejar karier. Begitu juga dengan adik-adik calon pelaut kapal pesiar yang masih memimpikan pekerjaan ini, tenang guys masih banyak kesempatan asal kalian bisa berbahasa Inggris bagus dan punya pengalaman hotelier yang mantap.

Perusahaan kapal pesiar berlomba-lomba membuat kapal baru, semakin modern, mewah dan memanjakaan tamu kapal pesiar. Bagi sebagian crew yang pemalas ini dianggap petaka karena bagi mereka semakin besar dan panjang kapal akan semakin capek kerjanya. Wajar saja perusahaan semakin lama semakin memperbesar kapasitas kapal tanpa mementingkan penambahan jumlah crew secara signifikan. Efisiensi adalah dasar dari segalanya. Disinilah timbul perbedaan antara golongan crewmember pemalas pengejar ‘good life’ on board dan para crewmember yang konsisten mengejar karier dan peningkatan gaji. Well, dimaklumi saja fenomena ini karena yang namanya etos kerja urusan masing-masing.

Adik-adik calon pelaut kapal pesiar baik yang saat ini masih mendaftar agen maupun sudah dokumen komplit dan proses menuju keberangkatan, siapkan mental kalian. Semakin lama kapal pesiar semakin besar dan semakin rumit detail pekerjaannya karena perusahaan menekankan pada customer satisfaction. Kita ini bekerja di kapal pesiar bagai sebuah robot yang harus selalu siap melayani tamu kapal pesiar.

“Patah satu tumbuh seribu”

Begitulah kira-kira posisi kita di kapal pesiar, kalau kitanya tidak siap bekerja banyak mengeluh apalagi melanggar peraturan perusahaan tidak segan-segan  nge-cut kontrak kita. Ada yang setelah pulang tidak mendapat jadwal kapal berikutnya, bahkan ada yang dipulangkan pada masa kontrak gara-gara crew tersebut enggak becus kerjanya. Rekan-rekan pelaut kapal pesiar yang sudah berpengalamanpun pasti merasakan hal ini. Peraturan perusahaan bertambah ketat juga standard perekrutan crew semakin sulit. Makanya sekarang mendaftar agen kapal pesiar tidak semudah 10 atau  15 tahun lalu.

Beberapa kapal pesiar yang akan launching sudah bisa digoogling history nya. Diantaranya adalah :

PRINCESS Majestic

majestic2

majestic3

RCCL Oasis IV, Harmony of the Seas (sudah launching)

new-oasis

harmony

 

CELEBRITY Edge, Beyond

edge

H.A.L Nieuw Statendam,  Koningsdam (sudah launching)

koningsdam

MSC Seaside, Seaview, Meraviglia

seaside

seaview

meraviglia

CARNIVAL Horizon, Vista (sudah launching)

horizon

vista

 

COSTA Diadema (sudah launching)

diadema1

NCL Joy, Escape, Bliss

joy

bliss-escape

AIDA Perla

aida-perla

DISNEY (Rencana 2018 belum ada nama)

disney

untuk mapping program kapal-kapal pesiar baru dari perusahaan kapal pesiar lain, rekan-rekan silahkan melihat ke link berikut http://www.cruisemapper.com/wiki/770-newest-cruise-ships

Nahh loooo ngiler yaa guys? kapal-kapal baru ini adalah mesin penghasil uang kita, padahal sebenarnya kita adalah robot  uang (mereka) perusahaan kapal pesiar. Yaa… gak papalah simbiosis mutualisme. For the moment, pekerjaan sebagai pelaut kapal pesiar diyakini cukup cepat meraih tabungan yang mantap. Adik-adik bersiaplah perbanyak pengalaman kerja hotelier, tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris  dan sebisa mungkin  bahasa asing lainnya, belajar dari youtube tentang tips interview berbahasa Inggris, dan jangan lupa selalu mengikuti artikel  blog inspiratif kesayangan kita ini.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA!!

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s