FREE TIME? Nikmatilah Keindahan Dunia, Jangan Hanya Menikmati WIFI Gratis Saja!

wifi port

Sudah menjadi hal umum ketika Internet  untuk crew di cabin begitu mahal. Mau protes ke perusahaan juga seakan tidak ada gunanya. Bagaimanapun juga selain mengais untung dari passenger, perusahaan kapal  pesiar juga mengais untung dari penjualan voucher Internet  atau telepon dari kamar (cabin) kita. Hal ini berimbas pada cara crew member mengatur keuangan terutama bagi crew member kontrak pertama kerja yang masih bergaji minim. Kirim uang ke orang tua/keluarga, bayar hutang ke saudara yang  dulu membiayai proses kapal pesiar, lain-lain yang membuat anggaran senang-senang di kapal termasuk voucher internet/telepon ikut dipangkas.

wifi-hunter-

Sebagian besar crewmember (termasuk saya pada kontrak awal kapal pesiar), terpaksa memanfaatkan fasilitas Free Wifi diluar kapal pada saat ngeport. Berbekal receh Dollar atau Euro untuk membeli kopi atau camilan ringan dan nongkrong berjam-jam sekedar mengaktifkan internet, update status sosial media, browsing bebas, dll. Terkadang waktu tak terasa sudah saatnya harus kembali ke kapal untuk bekerja lagi. Tak terasa hampir satu kontrak saya hanya menjalani ritme kehidupan semonoton itu. Hingga pada saat kepulangan kontrak kapal pesiar pertama (2008), orang tua saya bertanya :

“Uripmu kii nengndi wae thoo Le?  foto-fotone endi ?”

Translate: “Kehidupan kamu kemana aja sih nak? foto-fotonya mana?”

Mak jleb!!, sebuah pertanyaan sederhana dan saya tidak bisa menjawab untuk membuktikannya. Memang secara keuangan saya bisa mengumpulkan uang dari hasil gaji kapal pesiar, namun ternyata saya tidak pernah sekalipun mengunjungi obyek wisata pada setiap port yang dikunjungi. Kegiatan saya saat itu saat sedang keluar kapal hanya mencari area Wifi gratis. Ketika ditanya tentang hal menarik/pengalaman ketika sedang berada di luar kapal saya hanya bisa mengarang indah untuk bercerita kepada keluarga atau tetangga di kampung halaman.

free wifi crew

Kontrak kapal pesiar berikutnya saya mencoba berbenah, bahwa ternyata refreshing di luar kapal itu perlu. Bukan cuma menatap laptop untuk internetan yang kurang efektif. Mulai kontrak kedua kapal pesiar saya sengaja anggarkan biaya untuk membeli voucher Internet on board. Karena mahal saya hanya onlen seperlunya saja. Day Off saya maksimalkan untuk liburan seolah-olah saya ini sebagai passenger kapal pesiar. Mengunjungi obyek wisata, Museum, nge-Mall, Belanja, wisata kuliner makanan setempat, dll.

Mungkin artikel ini menyinggung sebagian crew member yang memang adanya waktu untuk mengontak keluarga adalah saat wifi an diluar kapal. Tapi percayalah guys, Cobalah membagi waktu Hidup kita akan lebih berwarna kalau kita bisa mengeksplore tempat-tempat baru. Menambah pengalaman, menambah stok foto untuk kenang-kenangan bahwa kita pernah berkunjung ke suatu tempat yang mungkin sangat diimpikan orang lain. Tak terasa bertahun-tahun menjalani kontrak kerja kapal pesiar pengalaman jalan-jalan saya bertambah. Mengunjungi koloseum di Roma, Eiffel di Paris, Museum the Beatles di london, Museum Titanic di Belfast (Irlandia), Time Square di New York, Tempat syuting Harry Potter di Edinburgh (Skotlandia) dan segudang pengalaman lain yang tidak akan pernah saya dapatkan jika hanya menghabiskan waktu diluar kapal nongkrong/ngopi sembari internetan berjam-jam.

life is beautiful

Tidak pernah ada kata terlambat, masih ada kontrak kapal pesiar berikutnya, masih ada kesempatan naik pangkat yang diikuti dengan kenaikan gaji kapal sehingga ada anggaran lebih buat jalan-jalan. Suatu saat anak cucu kita akan bertanya “what did you do when you were young?”. Buat mereka bangga setidaknya kita pernah mengunjungi tempat-tempat terbaik di Dunia meski kita hanya seorang KULI BERDASI.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA!!!

Advertisements

3 thoughts on “FREE TIME? Nikmatilah Keindahan Dunia, Jangan Hanya Menikmati WIFI Gratis Saja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s