Pentingnya Keselamatan Diri Saat Berada di Luar Kapal

Apa sih yang paling disukai bagi crew member saat menjalani kontrak kerja kapal pesiar selain saat gajian? Yaa shore leave alias jalan-jalan keluar kapal pesiar saat  sedang tidak ada jadwal kerja. Bagi rekan-rekan seakan mendapatkan durian runtuh ketika menemui namanya tercantum dalam daftar CREW OFF hari itu. Beruntung bagi yang mempunyai manager “bagus” bisa memberikan jadwal libur yang sudah ditetapkan di awal bulan. Jadwal libur dadakan pun tetap disyukuri asal bisa keluar kapal pesiar sekedar menghirup udara segar atau mengunjungi obyek wisata disekitar port.

Artikel ini membahas sebuah berita duka dari crew member kapal RCCL yang bisa dicek pada link berikut 

(Jika tidak dapat membuka link nya silahkan klik crew-center.com  , lalu ketik “missing crew member Adriana Morales de Florencio found dead and burried” pada search box).

deepest condolences

Singkat cerita ada seorang crew member perempuan perusahaan kapal pesiar R**L yang bernama Adriana ditemukan meninggal terkubur di pasir pantai. Jasadnya ditemukan di Playa Grande (sebuah pantai di port Bonaire). Tentu menjadi kerepotan luar biasa bagi kapal pesiar tempat dia bekerja yang mendapati salah seorang crew nya belum kembali ke kapal saat jam ngeport berakhir. Dalam hal ini perusahaan kapal pesiar akan bekerjasama dengan otoritas setempat untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi (bisa berbagai kemungkinan diantaranya: crewmember tersebut tersesat, korban kejahatan, korban kecelakaan, melarikan diri dan ingin tinggal dan bekerja di darat/jump ship, mabuk dan lupa kembali ke kapal dll). Beruntung ada bukti CCTV disekitar port yang menunjukkan korban sempat berjalan beriringan dengan penduduk lokal. Akhirnya  polisi berhasil menangkap seorang tersangka  untuk dimintai keterangan. Meski si korban bukan berasal dari negara kita, namun tidak ada salahnya kita mengambil hikmah dari kejadian ini.

Semua perusahaan kapal pesiar punya regulasi ketat kepada crew nya tentang peraturan/himbauan saat berada di luar kapal. Selain peraturan dasar untuk mematuhi hukum setempat, juga himbauan untuk tidak keluar kapal sendiri, tidak boleh merental kendaraan atap terbuka, tidak boleh melakukan extreme sport (bungee jumping, jetski, off road tour) jangan mudah percaya ajakan guide lokal, sopir taksi tanpa argo dll. Terkadang crew member merasa terlalu percaya diri keluar kapal sendiri (atau memang inginnya begitu), merasa mengetahui area bahkan bahasa penduduk setempat, atau terlalu bersemangat keluar kapal namun tidak ada rekan yang bisa menemani. Dari pengalaman saya keluar kapal sendirian, saya merasa aman ketika berada di pelabuhan benua Eropa terutama negara-negara yang terkenal aman seperti Norway, Scotland, England, Denmark, dll. Pernah kecopetan pada sebuah stasuin kereta di kota Roma, Pernah hampir tertabrak mobil di Istanbul saat menyeberang zebra cross perempatan meskipun saya tertib lho!, Pernah dipaksa-paksa oleh penduduk lokal sembari semi ditodong harus membeli narkoba di Jamaika (what!!), dll membuat saya faham betul bahwa di luar negeri pun posisi kita belum tentu aman.

Perusahaan kapal pesiar tidak semudah itu menanggung kerugian kita jika suatu saat kita tertimpa musibah ketika sedang berada di luar kapal. Dilakukan investigasi khusus apakah kita menyalahi aturan yang telah ditandatangani saat kita pertama kali sign on kapal pesiar. Buat rekan-rekan crew member penikmat JALAN-JALAN seperti saya, hendaklah dipikir dulu jika akan keluar kapal bersama siapa. Bila belum pernah mengeksplore daerah tersebut tidak ada salahnya bertanya ke senior mengenai port yang dituju. Bisa juga googling mengenai port tersebut. Hindari terlalu show up seperti membawa kamera canggih, gadget mahal, berpakaian mewah dan terlalu terbuka atau perhiasan berlebihan saat berada di luar kapal area port yang sekiranya kurang aman. Ingat selalu pesan bang napi.

“Kejahatan bisa terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi kejahatan juga bisa terjadi karena ada kesempatan”

bang napi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s