Port of Tromso-Norway : Surganya Para Penggemar Fresh Seafood

seafood norway

Jangan ngaku penggemar seafood kalau belum ngerasain segarnya seafood yang dijual di port Tromso. Bagi adik-adik yang belum tahu letak Tromso dimana silahkan googling atau nanya ke rekan senior kerja di kapal pesiar yaa. Tidak semua cruise melewati Tromso, mungkin menurut saya karena banyak cruise port lain di Norwegia yang lebih menarik destinasinya. Di Tromso kebanyakan tujuan liburan adalah bertema museum yang bagi sebagian crew member dianggap garing alias  kurang menarik. Makanya seumpama kapal pesiar ngeport disini pun kebanyakan crew member memilih tidak keluar kapal alias bobok manis di cabin masing-masing. Tidak banyak crew member mengeksplore port ini. Selain karena hawanya dingin, juga mata uang Norwegia yaitu Krone (NOK) yang sangat tinggi kurs nya dibanding US Dollar. Uang lembaran USD $100 kita di Norwegia hanya bisa ditukarkan dengan nominal 830an krone (NOK). Uang segitu  jelas tidak bisa untuk membeli banyak hal di Norwegia.

seafood3

Sebagai seorang crew kapal pesiar, berbelanja disini perlu nekat dan sedikit ‘tutup mata’ hehehe…. Maklum uang dollar kita bakalan cepat tergerus alias habis di negara ini. Saya termasuk orang yang nekat spend uang untuk sesuatu yang jarang dilakukan atau hal baru dalam hidup saya. Sudah 2 kali saya mengunjungi port of Tromso dan kegiatan saya hanya melihat-lihat seafood market dan nggak berani membeli. Pada kunjungan yang ketiga saya nekatkan saja. Target keuangan sudah tercapai, kontrak kerja tinggal sebulan dan moment itu adalah kunjungan kapal terakhir ke port tersebut (last Tromso). Seafood market disini adalah  sekumpulan pedagang kaki lima yang memasak pilihan seafood yang kita beli. Umumnya di panggang dengan bumbu khas lokal, lumayan panjang kalau disusuri bisa 2Km jalan kaki sambil memilih tempat mana yang bagus viewnya buat nongkrong sambil menikmati seafood segar. Tempat ini menjadi menarik karena sambil kita makan, kita bisa menikmati suasana pelabuhan khas Eropa klasik dengan angin sepoy-sepoynya (lebay yaa…. menurut saya temperatur umumnya 7 derajat udah termasuk dingin).

seafood2

Mau ngirit yaa beli lobster yang kira-kira kalau di dollarkan sekitar USD $30an, Mau pahe lagi yaa beli daging ikan salmon, paus, ikan bacalao, dll yang menurut saya mendingan gak usah beli (tanggung udah niat boros soalnya hehe..). Fix nekat gak usah ditunda-tunda lagi. Beli Mixed seafood aja!! gak perlu dilihat harganya karena 590an Krone (NOK) anggap aja USD $70an sama minumnya soda, that’s means hari itu keluar uang USD $100. Feel free guys! kalau sudah pengen yaa gimana lagi. Yang penting sudah pernah ngerasain aslinya rasa seafood Norwegia di pelabuhan nelayan setempat. Sumpah seumur-umur baru kali itu ngerasain pesan makanan sendirian dan menghabiskan uang 100an Dollar.

seafood 4

Sebagai staff dining room, biasanya pada hari-hari tertentu yang menyajikan menu dinner bertema seafood, saya sering mengambil sebagian porsi (order palsu) untuk makanannya dibungkus dan dibawa ke cabin atau crewmess. Jangan ditiru yaa guys kebiasaan ini cukup riskan hehe.. Makanan mixed seafood sebenarnya saya sudah biasa makan, namun karena rasa penasaran yang begitu tinggi akan ASLI nya masakan nelayan di Norwegia, akhirnya saya nekatkan untuk beli saja.

Artikel ringan di atas sebagai intermezzo bagi rekan-rekan pelaut kapal pesiar penggemar seafood. Setiap mengunjungi port kapal pesiar, eksplore Chinesse Restaurant sudah biasa. Atau bagi crew member yang tidak bisa move on terhadap lezatnya nasi goreng, biasanya yang diburu adalah Indonesian restaurant di luar negeri. Sesekali coba rasakan local food. Tidak perlu restoran mahal, cukup warung kaki lima yang menurut saya lebih friendly. Lumayan untuk menambah pengalaman dan upload foto-foto di sosmed.

JAYALAH SELALU PELAUT KAPAL PESIAR INDONESIA!!!

Advertisements

One thought on “Port of Tromso-Norway : Surganya Para Penggemar Fresh Seafood

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s